Pengungsi Bencana Gunung Sinabung

Perempuan Hamil dan Anak Sulit Peroleh Gizi

Gunung Sinabung terletak di Dataran Tinggi Karo, kabupaten Karo, Sumatera Utara. Puncak gunung Sinabung terletak di kordinat  3 derajat 10 menit LU, 98 derajat 23 menit BT. Sinabung bersama Sibayak di dekatnya adalah dua gunung yang tadinya dinyatakan tidak aktif, tapi saat ini dinyatakan sebagai gunung berapi aktif di Sumatera Utara. Ketinggian gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan merupakan puncak tertinggi di Sumatera Utara. Gunung ini belum pernah  meletus sejak tahun 1600.

Namun sejak tanggal 27 Agustus 2010 gunung ini mendadak mengeluarkan asap dan abu vulkanis. Tepat pukul 00.15 WIB dua hari kemudian terjadi erupsi yang menurut hitungan para ahli memiliki tingkat  ERUPSI (VEI < 3). Abu gunungapi meluncur dari arah barat daya menuju timur laut.  Sebagian kota Medan juga terselimuti abu dari Gunung Sinabung sehingga semua warga terpaksa memakai masker. Meskipun tidak sampai melumpuhkan arus transportasi karena terjadi pada dini hari namun menyebabkan arus lalu lintas  macat ketika hari mulai terang.

Sejak itu, status gunung ini langsung dinaikkan menjadi AWAS. Penduduk diungsikan ke berbagai  lokasi. Di wilayah Kabupaten Karo. Menurut para ahli, terdapat beberapa kemungkinan Volumen Erupsi (VEI) yang berkisar dari > 3 s/d > 5. Saat ini  aktivitas menurun menjadi di <3.  Bentuk material yang keluar dari letusan dapat berupa antara lain LAVA PIJAR, AWAN PIJAR, BOM, PASIR- ABU, GAS RACUN dan LAHAR. Tetapi sulit untuk meramalkan kapan dan sebesar apa letusan berikutnya, baik bentuk material yang dimuntahkan, sejauh apa dan ke arah mana.

Menurut ET Paripurno (Pusat Studi Bencana UPN – Yogyakarta), karakter letusan yang telah terjadi berpotensi untuk mencapai kekuatan volume erupsi (VEI) sampai 5 atau setara 10 KM kubik, dengan kecepatan gerak vertikal >75 KM/jam dalam durasi 100 hingga 1.000 hari. Sebaran letusan dapat ke radius tabung gunung Sinabung > 6 KM dengan > 3 KM radius pemukiman penduduk. Terkait kondisi tersebut maka yang dibutuhkan saat ini adalah bantuan darurat  dan pendidikan untuk pemahaman masyarakat mengenai aktivitas gunung SInabung, maupun untuk kesiagaan menghadapi bencana.

 

Data dari tiga lokasi pengungsian.

Informasi/Nama Jambur Jambur Guru Pulungen Jambur Lige Jambur Tuah Lopati KWK
Asal pengungsi Desa Mardinding Kecamatan Tigan Derket Desa Kinayan Kecamatan Payung, desa Berastepu, Bekerah dan Desa Simalem   Dikhususkan untuk Lansia dan anak >4 tahun
Bayi 0-1 tahun

20 orang

Perempuan 12 orang

Laki-laki 8 orang

79  orang

Perempuan 53 org

Laki-laki 26 org

Perempuan 50 org 236 orang
Balita 1-5 tahun 98 orang

Perempuan 48 orang

Laki-laki 50 org

201 org

Perempuan 67 org

Laki-laki 38 org

Perempuan 173 org
Laki-laki 127 org
6-15 tahun Perempuan 242 org    
15 Tahun keatas Perempuan 575 org Perempuan 750 org

Laki-laki: 168 org

Laki-laki 764 org Laki-Laki 40 org
Ibu hamil 7 orang 36 orang 11 org 129 org
Ibu menyusui 60 orang 46 orang 50 org
Lansia Perempuan 42 org Laki-laki 38 org 114 org 100 org

Perempuan 53 org

Laki-laki 47 org

 

38 org

Perempuan 26 org

Laki-laki 12 org

Kontak person:

Dari Ginting (081265072428) Anugerah Sembiring,  Epri 081361775810 Lewi 081260400625  

 

Berdasarkan data pada saat assessment atau taksiran situasi, dari segi bantuan, kebutuhan pangan sudah lebih dari cukup. Yang masih dibutuhkan untuk kelompok perempuan dan anak untuk sementara ini adalah pampers, pembalut, pakaian dalam perempuan, susu formula, vitamin, air bersih. Sebagian pengungsi sudah 4 hari tidak mengganti pakaian dalam. Sanitasi di sekitar pengungsian buruk.  Untuk itu, PESADA memberikan bantuan berupa susu (ibu hamil dan balita), pembalut, ikan asin, pakaian dalam perempuan, dan perlengkapan mandi dan mendistribusikan seluruh bantuan ke dua lokasi pengungsian, yakni Jambur Lige dan Jambur Pulungan. Nilainya mencapai Rp 17.715.000.

Dana ini diperoleh dari sumbangan PESADA, staf PESADA, PEKKA (Perempuan Kepala Keluarga), CU Besar Perempuan PESADA, CU dampingan PESADA di Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, dan Nias. Laporan mengenai keuangan akan kami sampaikan pada saat pembukuan ditutup di bulan Oktober ini. Salam solidaritas untuk seluruh korban Gunung Sinabung. (DL)

About these ads
Explore posts in the same categories: Dari Kegiatan Kita

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: