“Teropong Kehidupan Pekerja Rumah Tangga”

Setiap tanggal 15 Februari diperingati sebagai Hari Pekerja Rumah Tangga (PRT). Di Jakarta ini diperingati dengan berbagai kegiatan dimana peserta mengenakan serbet yang diikat di kepala yang berjumlah 900 lembar dan dijahit menjadi sebuah serbet raksasa. Di atas serbet raksasa itu tertulis tuntutan PRT di seluruh Indonesia.

Sebenarnya hari Pekerja rumah tangga ini lahir untuk mengingat Sunarsih, seorang Pekerja rumah tangga yang tewas disiksa majikannya di Surabaya tanggal 12-15 Februari 2001 silam. Dengan memperingati peristiwa tersebut, kita ingin menegaskan bahwa perlindungan terhadap PRT (Pekerja rumah tangnga) sangat penting.

Tujuannya agar tidak terjadi lagi kekerasan terhadap Pekerja rumah tangga dan majikan harus mengakui  bahwa Pekerja rumah tangga merupakan pekerja yang harus mendapatkan hak-hak sebagaimana mestinya. Namun, pada kenyataanya masih banyak pekerja rumah tangga yang mendapatkan kekerasan dan pelecehan seksual dari majikan dan tidak terungkap. Sejumlah PRT tidak mendapat upah yang layak dan juga kadang mereka mendapatkan pelecehan seksual dari majikan laki-laki.

Biasanya jika terjadi pelecehan seksual itu, majikan perempuan selalu menyalahkan PRT tersebut. Hal ini disebabkan karena mereka tidak memiliki posisi tawar terhadap majikan dan juga perlindungan  yang diberikan masih sangat lemah. Padahal tanpa mereka sadari dengan adanya Pekerja rumah tangga ini maka sangat membantu pekerjaan-pekerjaan rumah seperti memasak, membersihkan rumah, menyetrika, merawat anak sehingga majikan dapat menjalankan kegiatan lain di luar rumah. Tanpa kita sadari sebenarnya kehadiran Pekerja rumah tangga menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak keluarga.

Untuk memberikan perlindungan terhadap PRT, maka pengunjuk rasa mendesak DPR, Presiden, Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi untuk segera mewujudkan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT) tahun 2010 dan  juga mewujudkan penetapan tanggal 15 Februari sebagai Hari Pekerja  Rumah Tangga & Hari Libur Nasional Pekerja Rumah Tangga.

Kita berharap agar desakan tersebut segera terlaksana untuk melindungi PRT karena mereka adalah bagian dari kita dan juga rata-rata PRT tersebut adalah perempuan. Oleh karena itu marilah kita sama-sama untuk memperjuangkan hak-hak Pekerja rumah tangga ini. Selamat  Hari Pekerja Rumah Tangga!!!!!!!  (dari berbagai sumber)

Iklan
Explore posts in the same categories: Tema Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: