Laura Chinchilla Presiden Perempuan Pertama Kosta Rika

Ini adalah salah satu bukti dari peristiwa penting naiknya perempuan menjadi pemimpin publik. Laura Chinchilla terpilih sebagai presiden pertama perempuan dan sekaligus presiden yang kelima Kosta Rika. Ia dinyatakan menang dari hasil penghitungan suara pada  Minggu 7 Februari 2010 lalu.

Dalam pemilihan tersebut dia dari partai National Liberation Party (PLN) mendapat perolehan suara 47 % melewati 40 % suara untuk menghindari putaran pemilu yang ke dua. Sementara sainganya Otton Solis dari Partido Accion Ciudadana mendapat 25 % suara dan Otto Guevara dari Partido Movimento Libertario  mendapat 21 % suara.  Otton Solis  dan Otto Guevara memberikan ucapan selamat dengan menyebutnya “Presiden Kita”.

Sebelumnya Chinchilla adalah kader dari  presiden Oscar Aries  pemenang Nobel Perdamaian. Pada tanggal 8 Mei 2010 Laura Chinchilla akan dilantik dan resmi menjadi presiden Kosta Rika. Dia mengikuti jejak rekannya yang lain seperti Nikaragua, Panama, Cile dan Argentina yang sebelumnya pernah memiliki presiden perempuan.

Selamat untuk Laura Chinchilla dan harapan kita semoga terus bertambah perempuan untuk menjadi pemimpin seperti Laura Chinchilla. (Kompas)

Explore posts in the same categories: Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: