“Peringatan 100 Tahun Hari Perempuan Sedunia”

 Sudah seratus tahun lamanya Hari Peringatan Sedunia diperingati sebagai lambang pergerakan perempuan untuk memperjuangkan hak-haknya. Berbagai elemen perempuan dan pendukung gerakan perempuan di seluruh dunia mengambil momen ini untuk mengkampanyekan kesetaraan gender dan menolak kesewenang-wenangan terhadap perempuan.

Sejarah hari wanita sedunia ini bermula pada tanggal 8 Maret tahun 1908, ketika sebanyak 15.000 buruh garmen wanita di New York, Amerika Serikat, naik ke sebuah panggung kota dan meneriakkan persamaan hak wanita dalam berpolitik dan menuntut jaminan hak mereka sebagai buruh. Persamaan hak dalam berpolitik dan kegiatan buruh ini mewakili bukan hanya hak wanita, melainkan juga mengandung fondasi kuat sebagai penyangga komunitas sosial. Hal inilah yang terus didengungkan oleh gerakan perempuan hingga saat ini.

Tidak terkecuali di Sumut. Sejumlah elemen gerakan perempuan termasuk PESADA ikut memperingati Hari Perempuan Sedunia 2010. Tema yang diambil adalah Kepemimpinan Perempuan adalah Keharusan untuk Keadilan Bagi Perempuan dan Rakyat. Pada peringatan ini disoroti juga tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan mengusung isu Perempuan Pemimpin Publik.

Kepemimpinan perempuan di ranah publik diharapkan bisa menjadi solusi bagi kesejahteraan rakyat yang adil dan makmur Gelombang protes seiring munculnya prestasi perempuan di masyarakat kemudian menambah dukungan pentingnya persamaan hak perempuan dan laki-laki di masyarakat dan keluarga. Hingga kini, seratus tahun kemudian persamaan hak itu tercapai namun masih banyak ketidakadilan dan kekerasan yang dialami oleh perempuan karena terjadinya ketimpangan hak.

Menjadi tugas kitalah untuk melakukan upaya-upaya menentang ketidakadilan dan kekerasan terhadap perempuan. Melalui peningkatan kualitas pendidikan serta ekonomi perempuan. Dan tidak kalah penting adalah memilih perempuan sebagai pemimpin publik kita. (DJ)

Iklan
Explore posts in the same categories: Tema Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: