Pelatihan Feminis Muda Maret 2010

Dimana Ada Kesetaraan, di Situ Ada Kesejahteraan

Posisi perempuan dalam adat dan agama memang sangat memengaruhi keberadaan perempuan dalam masyarakat. Lembaga adat dan agama sering tidak perduli dan tidak adil terhadap kepentingan perempuan yang berdasarkan ajaran agama dan pelaksanaan adat. Padahal, dalam konteks agama dan adat sama-sama bertujuan untuk membuat kehidupan manusia lebih baik dan berangkat dari posisi laki-laki dan perempuan yang sama. Namun, tak jarang sejumlah ayat dalam ajaran agama yang dipakai secara tidak bijak untuk mendukung tindakan laki-laki yang merugikan perempuan. Misalnya, tentang bolehnya tindakan poligami dalam Islam.

Hal inilah yang dibahas lebih jauh dalam Pelatihan Feminis Muda tahap kedua, yakni tentang relasi kekuasaan berdasarkan agama dan adat. Kedua hal tersebut dipandang berpengaruh kuat, apakah melemahkan perempuan atau menguatkan. Diskusi bersama sejumlah narasumber, seperti perempuan tokoh adat Mamat Munthe, teolog Kristen Ana Marsiana, dan dosen IAIN Medan Azhari Akmal Tarigan, sangat membuka pemikiran dan mencerahkan pengetahuan peserta. Acara berlangsung selama 3 hari, 10-12 Maret 2010 di PUSDIPPRA PESADA Sidikalang.

Mamat Munthe (67 tahun) memaparkan pentingnya perempuan tampil dalam acara adat dan berperan dalam pengambilan keputusan adat. Posisinya sebagai tokoh adat kini bukanlah diperoleh dengan mudah, ia dengan pemikirannya yang tegas dan bijak, ternyata diakui oleh masyarakat adat Pakpak untuk menyelesaikan perkara-perkara adat yang terjadi.  

Sementara Ana Marsiana dan Azhari Tarigan, meskipun dari dua agama yang berbeda, namun memiliki satu pandangan yang sama, yakni bahwa manusia laki-laki dan perempuan adalah sama di mata Tuhan Yang Maha Esa. Ketimpangan hubungan kekuasaan, baik di agama maupun adat, akan menimbulkan penindasan dan ketidakadilan. Jadi, hentikan ketidakadilan dan kekerasan terhadap perempuan sekarang juga. (DJ)

 

Iklan
Explore posts in the same categories: Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: