PEMIMPIN PEREMPUAN UNTUK PERUBAHAN PADA PEMILU KADA PAKPAK BHARAT 2010 – 2015

Renti Ares Manik, seorang kandidat perempuan yang maju bertanding pada PEMILU KADA di Kabupaten Pakpak Bharat pada tanggal 12 Mei 2010 nanti. Bersama 6 pasang kandidat lainnya Ibu ini maju menjadi calon wakil bupati yang berpasangan dengan Ahmad Padang disingkat dengan AMAN ! Mereka maju dari jalur independen.

Ibu Ren lahir di Salak pada 13 Februari 1963, adalah seorang putri dari tokoh agama/masyarakat di kabupaten Pakpak Bharat yang bernama St. Sangkap Manik yang dikenal masyarakat sebagai tokoh yang berjasa kepada proses pendirian GKPPD (Gereja Kristen Protestan Pakpak-Dairi) yang dulu masih bergabung dengan HKBP dan merupakan Sekjen pertama dari Gereja tersebut. Selama 20 tahun berkarya pada bidang kesehatan, saat ini Ibu Renti adalah salah satu Bidan yang bertugas di Kabupaten Serdang Bedagai.

Latar belakangnya sebagai orang medis membuat Ibu ini sangat sensitif terhadap isu-isu kesehatan terutama kesehatan Ibu dan Anak. Hal ini tampak dalam pikiran-pikiran beliau yang bisa melihat dan memetakan bagaimana situasi dan kondisi kesehatan masyarakat di Pakpak Bharat mulai dari persoalan Posyandu sampai ke pelayanan JAMKESMAS di Pakpak Bharat. Ibu Ren adalah seorang perempuan yang sederhana, tulus tapi bertekad kuat dan gigih dalam memperjuangkan cita-citanya. Begitu banyak tantangan dalam pencalonan beliau melalui jalur independen, datang dan berdialog langsung dengan masyarakat Pakpak, berkunjung di malam hari karena masyarakat di siang hari semua ke ladang, sampai ke desa-desa yang terpencil sekalipun beliau lakukan tanpa mengenal lelah demi bertemu langsung dan bisa berdiskusi dengan masyarakat Pakpak.

Perjuangan tidak sia-sia, dengan kerja keras tim AMAN dan juga bantuan dukungan KTP dari kelompok CU dampingan PESADA yang ada di Pakpak Bharat akhirnya pasangan No 2 ini bisa meraih dukungan KTP terbanyak dari 3 calon yang maju dari jalur independen. Mereka berhasil mengumpulkan lebih kurang 3.100 KTP dari sekitar 2.800-an KTP yang menjadi syarat dari KPU. Selama proses pencarian dukungan dari masyarakat banyak yang pesimis pasangan ini akan mampu memperoleh dukungan akibat ketatnya persaingan dari 3 calon Independen. Namun lolosnya mereka dari Bakal Calon menjadi Calon dalam Pemilukada ini membuat banyak orang yang selama ini memandang sebelah mata menjadi salut melihat gigihnya tim ini berjuang.

Sangat menarik program-program yang direncanakan oleh Ibu Ren, terutama yang berkaitan langsung dengan kehidupan kaum perempuan Pakpak. Program-program ini selalu beliau paparkan di dalam pertemuan dengan kelompok-kelompok perempuan khususnya anggota CU dampingan PESADA. Salah satu contoh adalah program keterampilan menganyam tikar, kembal, dan lainnya dari pandan yang sangat dibutuhkan dalam adat Pakpak juga dicetuskan oleh Ibu ini. Beliau melihat bahwa masyarakat Pakpak adalah masyarakat adat yang selalu membutuhkan tikar pandan, kemudian kembal (sejenis tempat beras untuk dibawa ke pesta), yang banyak terbuat dari pandan dan kaum perempuanlah yang selalu bertanggung jawab dalam pengadaan barang-barang ini.

Selama ini rata-rata masyarakat membeli barang-barang ini dari luar daerah (Pancur Batu), hal inilah yang menjadi salah satu program yang direncanakan oleh ibu Ren di Pakpak Bharat. Beliau akan bentuk kelompok petani perempuan, diberi pelatihan tentang hal ini dan akan dikembangkan dan didampingi sampai soal pemasarannya. Masih banyak sekali ide cerdas dan kreatif dari ibu ini bersama pasangannya Ahmad Padang dalam memajukan kehidupan masyarakat Pakpak Bharat, khususnya dalam kebutuhan dasar seperti pendidikan, pertanian dan kesehatan yang memang tampak masih tampak sangat jauh ketinggalan dari daerah lain di SUMUT.

Pasangan AMAN dengan No urut 2 adalah salah satu putra-putri terbaik Pakpak saat ini. Sangat mengenal kebutuhan rakyat dan juga memiliki visi yang jelas untuk kemajuan rakyat terutama perempuan Pakpak. Bersama calon Bupati Ahmad Padang yang adalah seorang aktivis pembela hak-hak rakyat Pakpak, terkenal vokal dalam menyuarakan suara masyarakat Pakpak sampai ke tingkat nasional. Seorang yang sangat idealis dan anti terhadap permainan-permainan kotor dalam pemilihan.

Ahmad Padang yang lahir di Dairi pada tanggal 20 Desember 1963 ini juga pernah maju menjadi calon DPRD Propinsi Sumut pada Pemilu Legislatif 2009 lalu, maju dari DAPEM 10 (Pakpak Bharat,Dairi,dan Tanah karo). Beliau memperoleh dukungan suara yang banyak di kabupaten Pakpak Bharat dan Dairi, namun masih belum dapat duduk pada Pemilu lalu. Potensi suara ini juga yang membuat beliau bertekad maju kembali pada PEMILUKADA di Kabupaten Pakpak Bharat saat ini. Agar masyarakat mengetahui dan bisa membandingkan pasangan ini dengan kandidat lainnnya, berikut kami masukkan apa yang menjadi visi dan misi dari kandidat No 2 ini.

VISI

 Pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat adalah meningkatkan Kesejahteraan, peran serta masyarakat yang beriman dan kehidupan berdemokrasi yang LUBER ( Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia ), bagi masyarakat di Kabupaten Pakpak Bharat dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam Daerah guna meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Mandiri dan Beriman, dengan tidak meninggalkan Dasar Budaya Sulang Silima sebagai Landasan Hukum Konvensional Suku Pakpak.

MISI

1. Membina Masyarakat berkeyakinan terhadap agamanya dan menjaga stabilitas Umat Antar Beragama serta keseimbangan Gender dengan kaum perempuan di Kabupaten Pakpak Bharat.

2. Meningkatkan Mutu Kesehatan terutama untuk Anak-anak dan Perempuan, Pendidikan dan Pertanian yang handal sesuai dengan karakteristik masyarakat terutama untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Pakpak Bharat.

3. Mewujudkan Demokrasi dalam segala aspek kehidupan, menghormati Hak Azasi Manusia dan Hak Azazi Perempuan serta menjamin tegaknya Supremasi Hukum.

4. Meningkatkan Moralitas Masyarakat, Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam untuk pembangunan yang professional, unggul serta berdaya Saing melalui prasaranan Teknologi dan Kewirausahaan.

5. Mengoptimalkan Potensi Sumber Daya Alam Daerah guna meningkatkan Sumber Daya Manusia juga bagi Kaum Perempuan untuk mewujudkan masyarakat Yang Kuat dan Mandiri

6. Memanfaatkan dan Memelihara Hutan sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat.

7. Mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan yang bersih dari Korupsi ,baik dalam melayani masyarakat, jujur, mengikutsertakan masyarakat dalam pembangunan dan Bertanggung – jawab demi kepentingan masyarakat luas.

8. Menggali, mengembangkan dan melestarikan Seni Budaya Pusaka Leluhur Suku Pakpak sebagai Situs Sejarah Suku Pakpak selaku pemangku Adat dan Budaya di Kab. Pakpak Bharat dan membina Seni Budaya Etnis yang ada di Kab. Pakpak Bharat sebagai Asset Nasional.

9. Menjalin Hubungan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya antar Kabupaten se-Indonesia khususnya Sumatera Utara.

10. Mempromosikan Tanaman Hasil Bumi unggulan Kab.Pakpak Bharat. Dengan visi misi diatas maka pasangan AMAN adalah kandidat yang layak untuk didukung dan diperjuangkan agar bisa duduk menjadi pemimpin di Kabupaten Pakpak Bharat.

Mari kita karina kalak Pakpak terutama daberu si lot I tanoh Pakpak Bharat, ta pilih mo calon na tuhu-tuhu memperjuangkan kita, ulang karena janji-janji,ulang karena kepeng! TA PILIH MO DABERU (PASANGAN AMAN) LAKO MEREMBAH PERUBAHAN I PAKPAK BHARAT!! (JS)

Iklan
Explore posts in the same categories: profil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: