CU Ulina Buluh Ujung

Ada untuk Kemajuan Anggota, Tiga Kali Jadi CU Terbaik

Credit Union (CU) kini menjadi salah satu organisasi rakyat yang dipilih ribuan perempuan Dairi dan Pakpak Bharat. Selain sebagai lembaga simpan pinjam, CU juga kerap menjadi punguan (perkumpulan) untuk berdiskusi tentang masalah sosial dan politik. Salah satu CU yang anggotanya berhasil merasakan keuntungan adalah CU Ulina Buluh Ujung, Dairi. CU yang didirikan pada Oktober 1998 ini kini sudah memiliki anggota sebanyak 100 orang dengan kondisi simpan pinjam yang sehat, yakni dengan jumlah saham Rp150 juta per Februari 2010.

Sudah banyak anggota CU yang berhasil dengan usaha pertanian mereka karena bantuan CU. Bahkan mereka sudah dan satu-satunya CU Unit yang memiliki kantor yang dibangun hasil dana swadaya mereka. CU Ulina Buluh Ujung ini merupakan satu dari puluhan CU unit yang tergabung di CU Besar Pesada Perempuan, yang secara keseluruhan sudah memiliki 5 ribuan anggota dengan total saham hinggga Rp5.460.249.819 di tiga kabupaten, Dairi, Pakpak Bharat, dan Humbang Hasundutan.

Sejak bergabung dengan CUB Pesada Perempuan pada 2006 lalu, CU Ulina Buluh Ujung semakin menampakkan keseriusannya membangun CU unit mereka. Baik dari segi kedisiplinan anggota menyimpan dan membayar pinjaman, hingga kekompakan anggota yang tergabung di dalamnya. Hal inilah yang membuat CU Ulina Buluh Ujung terpilih sebagai CU unit terbaik selama 3 kali berturut-turut yang diumumkan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) CUB Pesada Perempuan.

Menurut pengurusnya, yakni Mamat Munthe, Lastaria Gultom, dan Lasni Simorangkir, membangun CU Ulina Buluh Ujung ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu keteguhan hati dan kerja keras untuk mengajak perempuan di desa mereka untuk ikut dalam CU. Pengurus mula-mula bahkan sempat diremehkan dan dianggap akan melarikan uang anggota. Namun, setelah beberapa lama berdiri dan sudah terlihat keuntungan ikut CU, akhirnya berdatanganlah orang untuk ikut juga. Kini 100 anggotanya sudah menerima manfaat jadi anggota CU Ulina Buluh Ujung. Karena CU, dari anggota dan untuk anggota juga. (DJ)

Iklan
Explore posts in the same categories: Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: