PEREMPUAN DAN KOMPUTERISASI

Selama bulan Juli 2010, PESADA sudah 2 tahap melakukan pelatihan  komputer dengan  menggunakan program Linux untuk kelompok Perempuan desa dampingan PESADA yang berada di Kab.Dairi dan Pakpak Bharat. Pelatihan pertama dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juli 2010, pelatihan kedua tanggal 16-17 Juli 2010. Tujuan dari Pelatihan ini adalah agar perempuan terutama perempuan desa mengetahui cara sederhana penggunaan komputer (dengan program Linux). Selain itu perempuan dapat mengakses internet dan menggunakan email (surat elektronik) untuk berjaringan ke daerah lain, saling belajar, berbagi informasi dengan perempuan akar rumput di wilayah lain.

Diharapkan melalui pelatihan ini,  perempuan di Desa tidak gagap teknologi. Utamanya mereka akan mampu menggunakan komputer dan juga menggunakan internet di desa. Jika selama ini Perempuan desa identik dengan pengetahuan yang minim, miskin, gagap dengan teknologi (gaptek) informasi, maka melalui pelatihan selama 2 hari ini diharapkanan dapat mengubah stigma tersebut.

Mengapa Perempuan Desa menjadi GAPTEK???

Banyak penyebabnya, antara lain beban ganda pekerjaan yang diberikan kepada perempuan; baik di ranah domestik (mengurus suami, anak, mencuci, memasak, menyetrika, mengantar anak ke sekolah, ke ladang, ke pesta/adat, dll) juga di ranah publik (perempuan membantu suami mencari uang/nafkah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi Rumah tangga). Kondisi ini mengakibatkan akses perempuan hampir dapat dikatakan tidak ada  terhadap teknologi dan itu membuat ada kesan bahwa perempuan desa “seolah-olah tidak berminat/tidak mau tahu” dengan teknologi.

Melihat kondisi perempuan di desa sebagai kelompok yang termarginalkan dari akses teknologi, PESADA (Perkumpuan Sada Ahmo) sebagai salah satu ORNOP lokal yang ada di Sumatera Utara mencoba memfasilitasi kegiatan ini.

Pelatihan tanggal 2-3 Juli 2010 dimulai dengan pengenalan tentang komputer dan perangkatnya; mulai dari pengenalan fungsi dari mouse, fungsi PC dan perintah yang ada di komputer untuk membantu meringankan pekerjaan.  Kemudian para peserta diajarkan mengenai bagaimana mengetik surat, membuat logo/kop surat dalam program word processor dan membuat pembukuan di spread sheat (Excel). Fasilitator juga menjelaskan mengapa peserta diajarkan program Linux dan bukan program Windows seperti yang banyak dipakai dalam komputer yang ada di pasar. Keuntungan menggunakan Linux cukup banyak dibandingkan dengan program komputer Windows. Seperti minim terkena virus, harganya murah dan dapat diakses serta dikembangkan oleh semua orang tanpa takut akan membayar royalti pada pemasoknya yakni perusahaan Microsoft milik pengusaha Amerika Serikat.

Pelatihan program komputer linux ini difasilitasi oleh Maringan Pardede serta dibantu oleh Berliana Purba dan Vitri Siregar.  Jumlah peserta yang hadir ada 16 orang perempuan. Pelatihan yang telah terlaksana 2 kali mendapat sambutan dan respon yang sangat baik dari seluruh peserta. Hal ini dapat dilihat dari minat dan keseriusan peserta untuk bertanya dan terlibat aktif selama proses pelatihan bahkan sampai malam pun seluruh peserta tetap berlatih di depan komputer yang disediakan meskipun sessi malam telah berakhir, namun mereka terus berlatih.

Antusias dari peserta dapat dilihat di hari berikutnya sebelum mulai sesi, mereka telah berada di depan meja komputer dan terus berlatih mengenai komputer agar lebih paham. Ini menunjukkan bahwa perempuan juga sebenarnya ingin memperoleh akses yang sama terhadap laki-laki. Pada tahap III atau terakhir seluruh peserta akan memperoleh pengetahuan mengenai cara menggunakan internet dan membuka situs yang diinginkan.

Semoga Pelatihan ini dapat ditularkan peserta kepada perempuan desa lain yang ada di desanya masing-masing. Hidup Perempuan dampingan PESADA, Hidup Perempuan Indonesia! (BP)

Explore posts in the same categories: Dari Kegiatan Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: