Lokakarya Feminis Muda PESADA

Kaderisasi aktivis perempuan (feminis) sangat diperlukan untuk meneruskan  perjuangan perempuan mencapai kesetaraan yang masih panjang. Sejumlah perempuan berusia 20-35 tahun diundang melalui lembaga yang menaungi mereka, seperti LSM, universitas, gerakan mahasiswa, bahkan komunitas perempuan, untuk dididik dan dilatih pengetahuan feminismenya dan bagaimana membangun jaringan feminis dari beberapa peserta yang memang sengaja dipilih dari berbagai kabupaten/kota di Sumut. Seperti Medan, Langkat, Dairi, Tapanuli Utara, dan Labuhan Batu.
Pelatihan ini dilakukan dalam 4 tahap. Mulai dari satu tahap pengenalan calon peserta lokakarya feminis muda di Mess GKPS pada awal 2009, dan 3 tahap lokakarya. Lokakarya tahap I pada Oktober 2009 di Wisma Cinta Alam, Deliserdang,  tahap II pada Maret 2010 di Pusdipra PESADA, Sidikalang, dan tahap III pada Agustus 2010 di Brastagi yang terdiri dari berbagai elemen lembaga dan daerah.

Sejumlah narasumber dihadirkan sesuai dengan keahliannya terkait topik sejarah dan defenisi feminisme, gender, analisis kekuasaan, perempuan dalam agama, reproduksi perempuan, dan lainnya. Narasumber tersebut antara lain Dina Lumbantobing (yang juga merupakan fasilitator dari PESADA), Mariana Amiruddin, Siti Musda Mulia, Ninuk Widyantoro, Ramida Sinaga, Anna Marsiana, dan lainnya.

Seluruh peserta merasakan perubahan cara pandang terhadap perempuan dan kedudukannya di masyarakat. Bahwa ketidakadilan terhadap perempuan terjadi dimana-mana dan seluruh perempuan harus berupaya keras untuk memeranginya. Baik melalui hukum, sosial-politik, budaya, maupun ekonomi.

Ketika tahapan lokakarya feminis muda ini berakhir di Brastagi pada akhir Agustus 2010 lalu, bukan berarti pertemuan para peserta akan berakhir di sana pula. Sebuah rencana aksi (action plan) dari 3 kelompok yang sudah ditetapkan akan memberikan tindak lanjut upaya perluasan jaringan feminis muda lewat diskusi kecil kepada perempuan muda lainnya yang bisa mereka ajak berdiskusi. Diharapkan ke depan, rantai feminis muda akan semakin meluas dan bisa memberikan gelombang gerakan dari berbagai arah untuk menguatkan perempuan dan menolak secara tegas berbagai tindakan dan kebijakan yang merugikan perempuan. Hidup Perempuan..!! Hidup Feminis Muda..!! (DJ)

Iklan
Explore posts in the same categories: Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: