Sosialisasi Pembentukan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) di Kabupaten Dairi

PESADA telah 3 tahun melakukan pendampingan kepada Perempuan Pekerja Seks (PPS). Adapun kegiatan yang rutin dilakukan di lokalisasi adalah: Sosialisasi IMS, HIV/AIDS, Diskusi Penyadaran Gender, Diskusi pengorganisasian, rujukan ke klinik. Namun disadari selama melakukan pendampingan banyak kendala/permasalahan yang dialami oleh para staf lapang yang melakukan pendampingan di kelompok, di antaranya:
1. Perempuan kurang mengenal tentang Kesehatan Reproduksi, sehingga bila sakit hanya menggunakan obat tradisional. Namun banyak obat yang digunakan membahayakan alat kesehatan reproduksi sehingga saat dimotivasi untuk melakukan pemeriksaan rutin sekali sebulan tidak dilakukan. Kelompok dampingan baru berobat setelah merasa sakit yang tidak bisa di tahan;
2. Saat akan melakukan pemeriksaan rutin, dampingan terkendala dengan biaya yang harus dikeluarkan. Pembentukan KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) dipandang sangat penting dan mendesak sehubungan dengan kegiatan pendampingan. Karena jika ada KPA, maka akan menjawab mengenai mahalnya biaya untuk layanan kesehatan IMS dan VCT. Selain itu juga setiap orang bertanggungjawab untuk memberikan informasi yang benar dan tepat mengenai IMS, HIV/AIDS, penularan, pencegahan, pengobatan dan  PEMDA bertanggungjawab untuk memasukkan anggarannya dalam APBD Kab.Dairi.
Melihat permasalahan di atas, PESADA sebagai lembaga yang konsern terhadap Perempuan, Anak dan kelompok marginal mencoba untuk memfasilitasi kegiatan audiensi dan lobi pembentukan KPA di Kab. Dairi yang dihadiri oleh  KPA Propinsi SUMUT, BAPPEDA, PESADA dan diterima oleh Asisten I Kab. Dairi.
Adapun poin-poin hasil audiensi tersebut adalah sebagai berikut:
1.    Penjelasan tentang IMS, HIV/AIDS penularan dan pencegahan;
2.    Data/informasi penderita HIV/AIDS di SUMUT dan khususnya di Dairi ada 20 kasus.
3.    Pentingnya untuk segera dilakukan pembentukan KPA Kab. Dairi.
4.    Perlunya penyuluhan tentang isu HIV/AIDS kepada kepala SKPD
5.    Tiap SKPD menganggarkan pendanaan untuk kegiatan tahan laju epidemi HIV/AIDS.
6.    Akan segera disiapkan draft SK pembentukan KPA

Peserta yang hadir saat audiensi yaitu  BAPPEDA (Ibu Lilis), DINKES Kab.Dairi (Nitawati Sitohang), DINKES SUMUT (Andi Ilham Lubis), Komisi penanggulangan AIDS/KPA (Asron Gultom, Ahmad Ramadhani), S. Tinambunana (Asisten I) sedangkan dari PESADA dihadiri oleh Dinta Solin, Jenni Solin, Berliana Purba, Maringan Pardede. (BL)

Explore posts in the same categories: Dari Kegiatan Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: