Thema Kita

“Perempuan Juga Memerdekakan Indonesia”

Banyak pejuang perempuan yang dikenal sebagai pahlawan nasional karena jasa-jasa mereka dalam mengusir para penjajah, baik dengan angkat senjata ataupun menjadi pendidik agar generasi muda memiliki pengetahuan dan keterampilan. Sebut saja Cut Nyak Dien, RA Kartini, Dewi Sartika, Christina Martha Tiahahu. Masing-masing perempuan pejuang tersebut menjalankan keahlian mereka untuk menolong bangsa ini keluar dari keterpurukan dan kebodohan. Cut Nyak Dien sendiri misalnya, ikut angkat senjata memukul mundur prajurit Belanda dari bumi Aceh sehingga sejarah mencatat keberanian Cut Nyak Dien memimpin pasukannya bertempur yang menyebabkan Belanda tidak pernah berhasil menduduki Aceh. Kemudian, seorang Dewi Sartika tanpa pamrih mendirikan sekolah khusus perempuan untuk mendidik para perempuan remaja supaya memiliki ketrampilan baca tulis di tengah-tengah budaya yang mengharuskan perempuan hanya sebagai ibu rumah tangga tanpa pengetahuan dan keahlian apapun karena tidak bersekolah seperti anak laki-laki. Sikap kepahlawanan ini tentu saja merupakan hal yang perlu kita teruskan, bahwa perempuan ikut memerdekakan bangsa ini tanpa pernah mengira-ngira penghargaan apa yang akan diterima.

Sudah 65 tahun Republik Indonesia menyatakan kemerdekaannya kepada dunia. Dalam teks pembukaan (preambule) UUD 1945, dinyatakan bahwa tujuan negara yang merdeka dan berdaulat ini adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Sejauh mana tujuan negara RI in sudah tercapai, masih perlu dievaluasi secara menyeluruh mengingat masih saja terjadi ketidakadilan terutama terhadap perempuan, anak, dan orang miskin dimana korupsi semakin merajalela sementara daya beli masyarakat kecil semakin rendah.

Makmur tidaknya bangsa dan negara Indonesia, terletak di tangan rakyat Indonesia sendiri. Yang jelas, para pendiri dan pejuang bangsa ini di zaman penjajahan sangat bertekad agar lepas dari penjajahan dan menyediakan bagi anak cucu mereka kehidupan yang merdeka dan lebih baik. Laki-laki dan perempuan, tua-muda ikut berjuang demi merebut kemerdekaan dan mempertahankannya hingga bangsa penjajah benar-benar hengkang dari bumi pertiwi.
Pertanyaannya adalah, apa yang sudah kita berikan kepada negara Republik Indonesia? Sudah sampai dimana karyamu untuk kemajuan dan kedaulatan negeri ini?  (DJ)

Explore posts in the same categories: Tema Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: