Tubuhku adalah Hakku

Kesehatan perempuan memiliki banyak faktor yang harus disikapi dengan kritis. Tingginya tingkat kematian ibu sudah seharusnya menjadi semacam bel peringatan akan pentingnya kesehatan perempuan diperhatikan semua pihak. Kemampuan perempuan melahirkan dan menyusui haruslah dibarengi dengan kemampuan perempuan merencanakan kelahiran dan merawat anak-anaknya. Itu sebabnya, program keluarga berencana sangat dianjurkan supaya semboyan perempuan lebih sehat, anak lebih terawat, dan keluarga bahagia, tidak hanya sekedar barisan kata-kata.
Banyak perempuan yang harus melahirkan tanpa mengetahui terlebih dahulu kondisi kesehatanĀ  tubuhnya dan suaminya. Hal ini tidak jarang menyebabkan kondisi si ibu dan anak tidak dalam kondisi yang prima pasca melahirkan. Sejumlah faktor penyebab kematian ibu dan anak, atau anak lahir dan ibu tidak sehat, antara lain: kekurangan darah (anemia), memiliki penyakit turunan, kondisi ibu sedang tidak fit untuk melahirkan dan menyusui, bisa karena kurang asupan gizi dan nutrisi, atau karena terlalu capek selama kehamilan. Kesehatan perempuan bisa dijaga dengan pengetahuan dan perawatan yang baik dari dirinya sendiri, suami, maupun keluarga dengan bantuan bidan atau medis.

Menurut Dr Ninuk Widyantoro, seorang psikolog dan pakar kesehatan perempuan, informasi tentang kesehatan reproduksi perempuan sangat penting untuk kehidupan perempuan. Sebab, perempuan memiliki organ-organ tubuh yang berbeda dan lebih kompleks dari lelaki. Untuk itu perlu perhatian yang lebih tinggi bagi kesehatan perempuan. Ancaman penyakit kanker mulut rahim (serviks), payudara, dan masalah kehamilan, sering luput dari upaya pencegahan karena perempuan tidak memiliki informasi yang cukup serta enggan memeriksakan tubuhnya ke medis. Padahal pencegahan itu sangat mudah dilakukan, yakni dengan hidup bersih dan mengkonsumsi buah dan sayuran segar.

Mitos Kecantikan

Maraknya iklan-iklan produk kecantikan kulit dan wajah membawa dampak buruk bagi kesehatan perempuan. Zat kimia berbahaya yang terkandung dalam produk-produk kosmetik tidak bisa dikenali perempuan, karena tidak mendapat pengetahuan yang cukup tentang itu. Keinginan untuk memutihkan kulit, mengencangkan wajah, kerap menjadi keinginan perempuan terhadap hasrat kecantikan yang hanya tampak dari luar saja. Padahal kecantikan terpancar dari kesehatan tubuh. Terpenuhinya kebutuhan vitamin C karena mengkonsumsi buah dan sayur, akan membuat kulit segar dengan alami. Mengkonsumi sayur akan menyebabkan mata dan jantung sehat sehingga bisa beraktifitas dengan lancar. Jadi kecantikan itu berawal dari dalam tubuh. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

Bahwa perempuan yang cantik itu berkulit putih, tidak selamanya benar. Bisa dikatakan itu adalah mitos. Sebab, di belahan bumi Barat (Eropa), perempuan di sana lebih merasa cantik jika kulitnya berwarna kecoklatan, seperti yang dimiliki perempuan Asia termasuk Indonesia secara alami. Gencarnya produk pemutih kulit di Indonesia patut diwaspadai karena hanya memberikan pesan yang tidak sehat. Begitu juga dengan produk anti aging (anti penuaan), itu merupakan hal yang menyesatkan. Kulit keriput disebabkan faktor usia dan tidak bisa dicegah dengan krim apapun. Hal yang paling dianjurkan adalah tetap berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang segar dan bergizi. Janganlah terpancing oleh iklan-iklan produk kecantikan luar, sebab kecantikan terpancar dari tubuh yang sehat dan jiwa yang tenang. (DJ)

Iklan
Explore posts in the same categories: Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: