Dari Chili ke Badan Perempuan PBB


Mantan presiden Chili, Michelle Bachelet, diangkat menjadi salah seorang pejabat tinggi di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Ia memimpin badan super baru PBB yang dimaksudkan untuk meningkatkan kampanye memajukan hak-hak perempuan. Badan baru di PBB ini akan menyatukan empat badan PBB yang menangani urusan perempuan yang ada sekarang ini, dalam tindakan untuk membawa urgensi dan kekuatan baru ke upaya persamaan gender internasional.
Bachelet, seorang sosialis moderat berusia 58 tahun, meninggalkan jabatan presiden Chili Maret lalu setelah empat tahun sebagai salah satu pemimpin paling populer dalam sejarah negara itu. Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan Bachelet telah membawa kepemimpinan global dan keterkenalan global ke jabatan barunya.
Badan baru itu mempunyai nama resmi UN Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women – tapi akan dikenal sebagai Perempuan PBB. Badan ini akan mengumpulkan Divisi PBB unuk Pemajuan Perempuan, Institut Riset dan Pelatihan Internasional untuk Pemajuan Perempuan, Kantor Penasehat Khusus mengenai Masalah Gender dan Pemajuan Perempuan serta Dana Pembangunan PBB untuk Perempuan (UNIFEM). Sekjen PBB menyatakan bahwa pembentukan Perempuan PBB merupakan salah satu dari prioritas-prioritasnya sejak menjabat pada 2007.  Majelis Umum PBB membentuk badan baru Perempuan PBB itu Juli lalu dan memerintahkan agar badan itu mulai operasional pada 1 Januari 2011.
Bachelet telah pemimpin di antara politisi wanita, dengan menjadi presiden perempuan pertama di Chili. Tapi banyak masalah – berkisar dari perkosaan massal atas ratusan perempuan di Republik Demokratik Kongo timur pada awal Agustus hingga upaya untuk mengurangi jumlah kematian sangat besar dalam kelahiran anak – akan meminta sumber yang sangat besar dan kemampuan politik.
Peningkatan kesehatan perempuan adalah salah satu sasaran penting yang ditetapkan oleh MDGs 2000, yang akan menjadi topik pertemuan puncak besar di New York pekan depan. Ban menegaskan perempuan dan anak-anak akan menjadi inti upaya PBB untuk mencapai tujuan dengan targetnya 2015. (DJ/Kompas.com)

Explore posts in the same categories: profil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: