konsultasi/edisi 125 Januari 2011

Tanya:

Saya E Br. Simbolon berusia 24 tahun di Desa LI.  Selama 2 tahun berpacaran dengan M Sihotang (26 tahun), saya selalu dibujuk dan dirayu nya untuk melakukan hubungan suami istri. Saya selalu menolak namun dia selalu berjanji akan bertanggung jawab dan mengatakan  tidak akan membuat saya hamil dan apabila saya hamil dia kan bertanggung jawab. Setelah dia mengatakn bahwa dia mau bertanggung jawab, saya mengikuti semua apa yang dia bilang. Terakhir kalinya kami berhubungan badan pada bulan Juni 2010. Pada bulan Agustus saya tidak haid lagi dan ketika saya memeriksakan pada bidan ternyata saya hamil. Keluarga saya mencoba melakukan pendekatan kekeluargaan dengan keluarganya mengenai kondisi kehamilan saya, namun keluarga saya ditolak dan bahkan keluarganya mengatakan bahwa pacar saya itu tidak berada dikampung lagi. Saya merasa bingung dan tidak tahu lagi apa yang harus saya lakukan dengan kehamilan saya yang semakin membesar saat ini, sementara pacar saya tidak mau bertanggung jawab dan bahkan melarikan diri

 Jawab:

Untuk E Br. Simbolon di Desa LI sangat miris apa yang anda hadapi saat ini apalagi dengan kondisi kehamilan yang mulai membesar.  Sementara pacar anda justru melarikan diri dan hal tersebut didukung oleh keluarganya. Memang secara hukum Pidana sangat sulit untuki memproses kasus yang anda alami saat ini karena terbentur dengan unsur-unsur hukum yang tidak ada dalam Undang-Undang, dimana dalam KUHP Pasal 290 tentang Cabul harus dibawah 21 tahun. Namun yang bisa anda lakukan adalah meminta pada masyarakat adat dimana anda tinggal agar keluarga pacar anda bisa menerima anda dan juga kehamilan anda saat ini. Paling tidak memberikan sanksi adat terhadap keluarga pacar anda karena sudah membantu pacar anda untuk lari dari tanggung jawabnya dan bahkan tidak menerima anda sebagai bagian dari keluarga mereka.

  

 

Explore posts in the same categories: Konsultasi

Tinggalkan Balasan

