Program Awal Tahun Pesada/edisi 125 januari 2011

Memasuki awal tahun tepatnya pada tanggal 12-17 Januari 2011 yang lalu, PESADA melakukan serangkaian kegiatan yang meliputi ; perayaan natal/tahun baru, evaluasi perencanaan (evaperca), refleksi, peningkatan kapasitas dan diikuti evaluasi atas pelaksanaan program dan proses seluruh Rencana Kerja 2010. Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh staff Pesada bersama dampingan . Dalam Evaluasi Perencanaan tersebut diukur tingkat pencapaian kerja wilayah, kinerja personil dan manajemen di lingkungan PESADA dan menemukan solusi atas hambatan kerja yang dihadapi pada periode 2010 yang lalu.

Pada sessi evaluasi, secara bergantian wilayah, umum, keuangan, dan pimpinan PESADA mempresentasikan laporan hasil evaperca masing-masing. Laporan tersebut sudah merupakan hasil pleno dimasing-masing wilayah dan divisi sebelum dipresentasikan ke evaperca PESADA. Berdasarkan hasil presentasi, secara umum penyelesaian RK PESADA tahun 2010 di semua wilayah mencapai 90 % . Sedangkan ditinjau dari kerangka penguatan perempuan, pada umumnya RK yang dilaksanakan terbanyak menyentuh tahap akses, kesadaran kritis dan diikuti tahap partisipasi. Setelah evaluasi RK kemudian dilanjutkan dengan evaluasi personalia.

Peserta (yaitu para staff) memberi catatan bahwa beberapa RK masih perlu ditingkatkan mencakup pencapaian kualitas dan keberlanjutan pelaksanaannya, peningkatan kapasitas personil, perbaikan koordinasi dan komunikasi antara wilayah/divisi maupun antar staff dan perbaikan kapasitas kepemimpinan PESADA. Yang tak kalah penting adalah perlu peningkatan pengelolaan keuangan organisasi.

Kemudian dilanjutkan dengan sessi Refleksi Pribadi dan Program Managemen PESADA yang difasilitasi oleh Bapak Frans Toegimin. Dalam refleksi pribadi, para staff menyatakan bahwa bahwa pihak yang paling berpengaruh dalam perkembangan kapasitas diri personil adalah “ keluarga” dan “PESADA”. Seluruh staff menilai bahwa peran keluarga terdekat sangat mendukung bagi perkembangan diri staff itu sendiri. Kemudian institusi PESADA dinilai oleh personil sangat membentuk kapasitas dan karakter yang lebih baik dan menjadi arena aktualisasi diri dalam perjuangan penguatan perempuan, anak dan masyarakat marginal. Sessi refleksi pribadi ini memperlihatkan antusiasme peserta untuk memotivasi diri dalam bekerja dengan giat lagi bersama PESADA.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mengidentifikasi keberhasilan dan kelemahan program & managemen PESADA. Proses kemudian dilanjutkan dengan diskusi membuat rekomendasi strategis yang dilakukan untuk perbaikan ke depan. Hasilnya adalah masing-masing divisi/bidang kerja memperoleh pegangan untuk peningkatan kapasitas staffnya. Sementara pihak managemen memperoleh rekomendasi untuk perbaikan aturan/budaya organisasi ke depan.

Selain itu, personil PESADA memperoleh peningkatan kapasitas tentang pemanasan global/perubahan iklim dan Manajemen Stress. Dari diskusi tentang pemanasan global memberikan pemahaman dasar bagi personil tentang pemanasan global dan akibatnya. Diharapkan bertumbuh kesadaran ramah terhadap lingkungan dan menjaga lingkungan dari mulai perilaku individu di keluarga dan masyarakat. Sedangkan diskusi mengenai manajemen stress membantu peserta mengenali stress (penyebab, gejala, dan akibatnya). Yang paling menarik adalah latihan teknik “relaksasi progresif” yang diyakini membantu merelaksasi diri ketika kita mengalami tekanan atau stress baik yang dialami di keluarga, di tempat kerja, dll. Dipenghujung acara, masing-masing staff baik dari wilayah/umum/keuangan melakukan penyusunan rencana kerja 2011.

Semoga rangkaian acara Evaperca ini memberi motivasi dan optimisme baru dalam melakukan pekerjaan dengan maksimal dan dengan semangat Sinceritas et Simplicitas. Melalui rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh personil & dampingan PESADA untuk melaksanakan penguatan perempuan, anak dan masyarakat marginal di wilayah kerja PESADA (KRS)

Explore posts in the same categories: Tema Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: