Konsultasi Maret 2011

Tanya :

Saya (L di Deltu) seorang ibu dari 3 orang anak yang semuanya laki – laki, dan sudah menikah selama 17 thn. Namun sejak awal pernikahan kami, suami selalu bersikap kasar baik secara fisik maupun kata – kata. Kami menikah secara agama/gereja saja. Saya sudah tidak tahan lagi menghadapi sikap dan perilaku suami yang semakin berlebihan, suka memfitnah dan membatasi pergaulan saya. Saya juga takut jika hal ini dibiarkan terus maka anak – anak akan menjadi korban. Yang ingin saya tanyakan apakah bisa saya mengajukan gugatan cerai, karena saya hanya menikah secara gereja, sementara suami saya tidak mau bercerai? Apa yang harus saya lakukan?

Jawab :

Yang harus ibu lakukan sebelum mengguguat cerai ke Pengadilan, terlebih dahulu harus menyiapkan surat-surat yang diperlukan. Dikarenakan ibu hanya menikah secara gereja maka ibu harus mengurus surat kawin dari catatan sipil terlebih dahulu. Syarat yang perlu dipersiapkan adalah KTP, KK, Surat Kawin dari Gereja, Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah dan dua orang saksi yang mengetahui adanya perkawinan ibu dengan suami. Sementara pengajuan gugatan perceraian harus di Pengadilan yang telah ditentukan. Bila tempat tinggal ibu berada pada wilayah Kota Medan maka diajukan di Pengadilan Negeri Medan, tapi kalau wilayah tempat tinggal ibu masuk di Kabupaten Deli Serdang maka ibu harus mengajukannya ke Pengadilan Lubuk Pakam.

Sementara kasus kekerasan yang ibu alami selama 17 tahun sudah termasuk Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dimana ibu mengalami kekerasan  Fisik (dipukul, ditendang, dijambak, dsbnya) serta kekerasan Psikis (dihina, difitnah, diancam, dibatasi pergaulannya, dsbnya). Perbuatan suami dapat dijerat dengan pasal 44 & 45 UU No. 23 tahun 2004 tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Kekerasan Fisik dan Psikis) dengan ancaman hukuman diatas lima tahun dan ditambah denda sebesar 15 juta sampai 30 juta rupiah.

Explore posts in the same categories: Konsultasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: