Pertemuan Komisi Status Perempuan (CSW)

Pertemuan Komisi Status Perempuan (CSW)

Yang ke 55 – New York

CSW (Commission on the Status of Women – komisi status perempuan) adalah badan pembuat kebijakan di  PBB yang sepenuhnya dikhususkan untuk memperhatikan kemajuan perempuan. Pertemuan ini diadakan pada tanggal 24 Februari-2 Maret untuk ke-55 kalinya dan  bertempat di New York.

Ramida Sinaga (Direktur Eksekutif PESADA) turut serta dalam acara ini. Adapun kegiatan yang diikutinya meliputi panel di bidang penguatan ekonomi, sosial dan HAM perempuan, perlindungan dan penguatan anak perempuan, partisipasi perempuan di bidang politik serta kepemimpinan dan strategi penggunaan media untuk perempuan akar rumput. Pada kesempatan itu, DE Pesada menyampaikan aspirasinya dan kegiatan yang dilakukan Pesada untuk perempuan di akar rumput terutama informasi melalui media yaitu Suara Perempuan.

Pada acara itu juga Michelle Bachelet selaku Direktur Eksekutif PBB Perempuan menyampaikan keinginan nya (dalam sessi perempuan akar rumput) untuk bisa langsung berkomunikasi dengan perempuan di akar rumput, akan tetapi sangat sulit dilakukan karena akses di teknologi komunikasi perempuan di akar rumput sangat kecil.

Selain itu, Silvia Pimentel ( ketua komisi penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan)  juga mengatakan bahwa banyak sekali kasus yang memprihatinkan yang dialami perempuan. Kasus-kasus tersebut meliputi perdagangan dan eksploitasi,  prostitusi, stereotip jender, rendahnya partisipasi perempuan dalam politik dan publik, rendahnya akses terhadap pendidikan dan kesehatan, termasuk kesehatan seksual dan reproduksi; kekerasan terhadap perempuan,

Dari apa yang disampaikan pada pertemuan tersebut hendaknya harus terus diupayakan Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan (CEDAW) guna mencapai kesetaraan gender dan memperjuangkan hak-hak perempuan. (Ramida/ http://www.wunrn.com)

Untuk itu dalam mengejar tujuan ini, mari kita bersama-sama mengupayakan penghapusan diskriminasi terhadap perempuan, meningkatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Explore posts in the same categories: Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: