Konsultasi April

Tanya:

Saya M umur 45 tahun tinggal di Kab. B. Saya dan suami saya telah menikah 29 tahun dan memiliki anak 8 orang. Namun akhir-akhir ini suami saya kerap kali melakukan kekerasan terhadap saya dengan menghina, mencaci maki dan bahkan mengancam saya. Belakangan suami saya mau menjual rumah kami dan mengusir anak-anak serta mengancam mereka sehingga membuat mereka tidak nyaman dirumah. Sementara saya sedang bekerja di kota Medan. Hal ini saya lakukan untuk menafkahi anak-anak saya.

Namun, saya masih menginginkan terus melanjutkan pernikahan dengan suami & tidak pernah berniat untuk berpisah. Terutama mengingat kondisi fisik suami saya yang memburuk.

Apa yang harus saya lakukan supaya suami saya tidak berlaku kasar lagi baik terhadap saya maupun anak-anak kami?

Jawab

Kekerasan yang ibu alami adalah merupakan pelanggaran Hak Azasi Perempuan dan Anak-anak. Perbuatan suami telah melanggar hukum sebagaimana termuat dalam pasal UU Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UU No. 23/2004) tentang kekerasan Psikis; seperti dimaki, dihina, diancam, dsbnya, serta Hak Anak (UU No. 23/2002/psl.80). Bila hal ini dilaporkan maka suami ibu bisa dipenjara dengan ancaman hukumannya paling lama 3 tahun denda 9 juta s/d 72 juta rupiah.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah meminta bantuan ke LSM yang berpihak kepada perempuan. Biasanya Lembaga akan membantu ibu. Kalau ibu tidak ingin suami ibu di proses ke Jalur Hukum, mungkin pihak LSM akan memberikan surat teguran ke suami agar tidak lagi melakukan kekerasan tehadap ibu dan anak-anak ibu dengan menjelaskan sanksi hukum dan akibat perbuatannya tersebut.

Apabila surat teguran tersebut tidak juga diperdulikan, baiknya suami ibu dilaporkan saja untuk memberi pelajaran ke suami sehingga nantinya suami ibu sadar bahwa apa yang dilakukannya dapat dipidana/dipenjara. (DH)

Explore posts in the same categories: Konsultasi

Tinggalkan Balasan

