Tempat Terbaik Untuk Seorang Ibu

Bulan Mei merupakan bulan spesial bagi para ibu. Tepatnya  pada 8 Mei 2011 ini diperingati sebagai hari Ibu Sedunia. Hari Ibu Sedunia merupakan perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya maupun lingkungan sosial. Menjadi seorang ibu adalah salah satu kebahagiaan bagi perempuan yang memilih peran ini, apalagi jika tinggal di tempat yang baik untuk peran sebagai seorang ibu.

Save the Children sebagai sebuah lembaga yang memperhatikan kesejahteraan anak0anak di dunia mengeluarkan informasi bersama Ad Council (sebuah lembaga periklananan di Amerika) mengenai tempat-tempat di dunia yang dianggap baik bagi ibu pada tahun 2010. Mereka menurunkan 10 peringkat negara terbaik dan juga 10 peringkat negara terburuk sebagai tempat tinggal  seorang ibu dan anak/anak-anaknya. Peringkat ini didasarkan pada kesehatan, pendidikan, dan status ekonomi ibu dan anaknya. Di bawah ini dapat dilihat daftar tersebut:

No 10 Terbaik 10 Terburuk
Norwegia Afganistan
Australia Nigeria
Islandia Guinea Bissau
Swedia Yaman
Denmark Chad
Selandia Baru Kongo
Finlandia Eritrea
Belgia Mali
Belanda Sudan
Perancis Equatorial Guinea

Di negara-negara terburuk adalah negara berkembang maupun yang mengalami konflik, di mana perempuan menghadapi kehamilan dan kelahiran yang lebih berisiko, yang bisa menyebabkan kematian ibu dan anak. Meskipun anak-anak lahir, di tempat terburuk ini sangat minim bahkan hampir tidak ada jaminan kesehatan, pendidikan dan kebutuhan dasar lainnya. Indonesia memang tidak termasuk ke 10 negara terburuk, tetapi tingkat kematian ibu melahirkan maupun jumlah anak-anak yang kurang gizi masih cukup tinggi, demikian juga halnya dengan akses ke pendidikan. Semoga bulan Mei yang merupakan bulan peringatan untuk pendidikan dan Ibu menjadi bulan yang membuka kesadaran kita untuk menuntut hak dan berbuat lebih banyak demi pemenuhan hak-hak ibu dan anak terhadap seluruh kebutuhand asar tersebut. Selamat Hari Ibu. (EP/DL)

Iklan
Explore posts in the same categories: Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: