Evaperca PESADA

Seluruh peserta EVAPERCA berphoto gembira di depan  PUSDIPRA Sincertas et Simplicitas, Sidikalang.

Seluruh peserta EVAPERCA berphoto gembira di depan
PUSDIPRA Sincertas et Simplicitas, Sidikalang.

Menilai Pelaksanaan Rencana Kerja 2011 dan Menyusun Rencana Kerja 2012

(Catatan dari EVAPERCA  PESADA  Januari 2012)

Apa itu Evaperca?

Setiap akhir tahun, seluruh Kantor PESADA melakukan EVAPERCA (Evaluasi dan Perencanaan) yaitu untuk  menilai sejauh mana  pencapaian Rencana Kerja/RK 2011 terlaksana, menganalisis hambatan – hambatan  yang dihadapi dalam  pelaksanaannya, untuk kemudian merencanakan  dengan baik hal – hal yang  harus dilakukan oleh Pesada sebagai masukan  untuk  Rencana Kerja Pesada  tahun 2012. Dalam Evaperca ini juga dilaksanakan penilaian terhadap seluruh personil yang disebut Evaluasi Personil, untuk memperoleh masukan mengenai kinerja atau baik tidaknya penampilan kerja seseorang sepanjang tahun 2011.

Evaperca tingkat ini disebut sebagai Evaperca Wilayah. Evaperca Wilayah dilaksanakan di 3 tempat, yaitu:

  • Sidikalang (yang mencakup Pakpak Bharat, Dairi dan Humbang Hasundutan atau disebut PDH),
  • Medan (mencakup Kotamadya medan, Deli Serdang, Karo, dan langkat), serta
  • Nias (mencakup keempat Kabupaten dan  Kotamadya di pulau Nias, TAPTENG dan Kotamadya Sibolga).

Hasil-hasil dari Evaperca Wilayah kemudian dikirim ke Kantor Pusat, yaitu ke Sidikalang; untuk kemudian dibahas bersama di tingkat keseluruhan PESADA, yaitu Evaperca PESADA. Sebagaimana biasa, Evaperca PESADA dilaksanakan setiap awal tahun, segera setelah cuti bersama tahunan selesai. Untuk tahun ini, dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 13 Januari 2012 di PUSDIPRA Sinceritas et Simplicitas, Sidikalang.

Peserta Lokakarya.

Dalam lokakarya ini PESADA mengundang personil, Dewan Pengurus dan pengawas; serta perwakilan kelompok dampingan untuk menghadirinya. Dengan demikian, jumlah seluruh peserta adalah 34 orang peserta yangmana 28 perempuan dan 6 orang laki-laki yang terdiri dari:

  • 2 Dewan Pengurus (Frans Tugimin dan Rista Saragih)
  • 2 Dewan pengawas (Erlina Pardede dan Marhaeni Munte)
  •  Ibu Sarmaulina Sitanggang& Ibu Dame Sitanggang perwakilan CU (1 orang staff CUB, 2 orang dari Dairi, 2 orang dari Pakpak Bharat, 1 orang dari Humbang Hasundutan, 2 orang dari TAPTENG, dan 2 orang dari Nias).
  • 21 org Eksekutif atau staff PESADA.

Selain peserta di atas, PESADA juga mengundang nara sumber, seorang aktivis (pengiat) dan peneliti yang melakukan berbagai kajian, advokasi dan pendidikan mengenai Ekonomi dan Lingkungan, bernama Hendro Sangkoyo. Bapak Hendro (atau sering dipanggil: mas Yoyok) juga mempunyai sebuah lembaga pendidikan bernama Sekolah Demokrasi Ekonomi.

Mengenali Harapan PESADA 2012.

Di awal lokakarya, peserta diminta untuk berbagi cerita mengenai harapan pribadi maupun harapan ke PESADA untuk tahun 2012.  Hasilnya digambarkan berupa symbol. Peserta yang dibagi ke 4 kelompok meja, berhasil membuat symbol yang menggambarkan harapan masing-masing yaitu:

  • Kelompok 1: Gambar lilin menyala yang menggambarkan harapan, rela berkorban untuk kepentingan bersama.
  • Kelompok 2: Gambar perempuan, di mana PESADA diharapkan dapat berjuang untuk sebuah dunia tanpa kekerasan.
  • Kelompok 3: juga menggambarkan lilin menyala dikelilingi orang-orang yang berpegangan tangan, di mana diharapkan PESADA menjadi terang dan membawa cahaya bagi masyarakat.
  • Kelompok 4: menggambarkan tangan-tangan warna-warni yang berpegangan yang berarti jika kita selalu bersama kita bisa menggalang semangat, mendukung keberagaman, dan tetap eksis memperjuangkan perempuan.
  • Kelompok  5: juga menggambarkan symbol perempuan (♀♀) berpegangan dengan symbol uang di tengah, yang menggambarkan harapan solidaritas perempuan dan penguatan ekonomi perempuan.
  • Kelompok 6: juga menggambarkan symbol berpegangan tangan dan dedaunan, yang berarti harapan PESADA tetap solid dalam  memperjuangkan perempuan dan anak, mampu bertahan meski pihak lain menganggap lemah.

Hasil dari symbol-simbol ini menjadi inspirasi kepada PESADA yang memang sedang merencakan pergantian symbol di tahun 2012. Di bawah ini adalah symbol yang akan menjadi salah satu contoh untuk didesain oleh artis/seniman.

Simbol yang akan dikembangkan menjadi  simbol PESADA mulai 2012

Simbol yang akan dikembangkan menjadi
simbol PESADA mulai 2012

Capaian RK Wilayah.

Setelah sessi mengenai harapan selesai, PESADA kemudian mulai masuk ke laporan-laporan Evaperca Wilayah. Laporan pada dasarnya mencakup seluruh program yang terdiri dari Penguatan Anak, Pengembangan CU, Kredit Mikro & Usaha, Advokasi Kebijakan & Partisipasi Politik Perempuan, WCC/Rumah Aman Perempuan Sinceritas, Peningkatan kapasitas (Training, lokakarya, Seminar), Publikasi (Bulletin, buku, bahan kampanye/brosur) serta laporan Keuangan dan Umum (mencakup penyelenggaraan Pusdipra).

Laporan diawali oleh Wilayah PDH, berturut-turut diikuti oleh Wilayah Medan, Nias/TAPTENG, Bagian Umum, Keuangan dan diakhiri oleh Laporan Direktur. Pada umumnya capaian pelaksanaan RK 2011 adalah 80%, sementara berbagai hambatan yang paling utama dirasakan di bagian pendampingan kelompok CU yang mengalami kesulitan untuk masuk menjadi unit CU Besar, pengembangan kualitas pendampingan PSK (dalam rangka Advokasi dan pendidikan penyebaran penyakit menular seksual), masalah hak atas identitas (akte kelahiran, KK dan KTP), dan kredit macet.

Meskipun demikian beberapa terobosan dilakukan di 2011, meliputi pendekatan untuk kelompok yang tidak mampu menjadi CU melalui KELPUM, pendekatan khusus untuk kredit macet (mis: hukum) serta pengembangan kerjasama dengan pihak lain dalam rangka pengembangan kapasitas maupun fund raising (penggalian dana).

Masalah lain yang dihadapi PESADA di tahun 2011 berupa fitnah, pencemaran nama baik  serta gangguan lain diterima sebagai bagian dari penguatan PESADA untuk lebih mampu memposisikan diri dalam gerakan maupun perbaikan sistem termasuk pelaksanaan Kode Etik (Pedoman Perilaku) bagi seluruh Anggota Perkumpulan, Pengurus maupun Pengawas.

Ibu Sarmaulina Sitanggang & Ibu Dame Sitanggang perwakilan CU menyampaikan tanggapan

Ibu Sarmaulina Sitanggang & Ibu Dame Sitanggang
perwakilan CU menyampaikan tanggapan

Evaluasi Personalia.

Di akhir lokakarya, seluruh wilayah melaporkan hasil Evaluasi Personalia, yang pada dasarnya menilai 9 aspek, yaitu: 1) Hasil Kerja, 2) Tanggung-jawab, 3) Kerjasama, 4) Inisiatif, 5) Kepemimpinan/kemampuan koordinasi, 6) Kesetiaan/loyalitas, 7) Kejujuran, 8) Kode etik/perilaku, dan 9) Pengetahuan dan Perspektif.

Pada umumnya rata-rata nilai staff mendekati 3 atau nilai standard yang memang diharapkan dapat dicapai oleh seluruh personil, sementara di tingkat manajemen (Koordinator dan Direktur) mencapai rata-rata 3,3. Penilaian angka tidak menjadi acuan utama, karena pada dasarnya angka muncul untuk menjadi titik berangkat diskusi dalam rangka melihat kemajuan seseorang, memberi masukan di mana perlu, memberi catatan apabila ada yang perlu diperbaiki serta memberi pujian bagi capaian yang telah baik.

Dari diskusi di sessi ini, diharapkan peningkatan kapasitas personil agar dapat mengejar perkembangan konsep serta metoda-metoda pengorganisasian yang sesuai konteks wilayah PESADA. Dari masukan Hendro Sangkoyo, PESADA secara khusus masih perlu memahami issue Lingkungan, Globalisasi dan Ekonomi Makro. Sistim monitoring dan Evaluasi akan terus diperbaiki agar menjadi pembelajaran dan terkait dengan konsep besar PESADA mengenai Keadilan gender.

Komunikasi tetap menghadapi tantangan, yang kemudian diharapkan mengalami perbaikan terus menerus sehingga berimbas ke koordinasi dan pencapaian target maupun kualitas pelaksanaan tugas/proses.

PESADA dalam angka & Penutup

Di hari ketiga, lokakarya ini ditutup dengan penyususnan draft Rencana Kerja 2012, yang masih akan dilengkapi pada akhir Januari 2012. Adapun tampilan PESADA dalam angka secara ringkas adalah sbb.:

1.      Total jumlah Credit Union (CU).

Terdapat 146 kelompok dengan 9.934 anggota dengan jumlah saham/tabungan sebesar Rp.13.064.877.885, dan Pinjaman beredar Rp. 16.095.610.284 dengan rincian sbb:

Data Credit Union akhir Desember 2011:

CU /Wilayah

Unit

Total anggota

Tabungan

 

Kredit

 

CU Non Unit – Dairi

4

159

114.554.091

200.017.900

CU Non Unit – Humbang Hasundutan

3

  91

  87.373.649

   94.656.250

CU Non Unit – Pakpak Bharat

3

106

  69.364.200

 110.710.750

CU Non Unit – Medan/Deli Serdang

5

133

  130.614.349

 219.988.825

CU Non Unit – Sibolga

4

70

   12.441.600

5.250.000

CUB Pesada Perempuan Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas

78

5.591

6.811.265.462

8.271.896.004

CUB Pesada FAOLALA Perempuan Nias, P.Nias

49

3.784

5.838.900.534

7.193.090.555

Total

146

9.934

Rp.13.064.877.885

Rp.16.095.610.284

Kelompok Perempuan Usaha Mikro (KELPUM)  telah dimulai di  Medan, Langkat, Dairi dan Nias yang saat ini tberjumlah 9  kelompok, dengan 65 members.

2.      Kredit Mikro.

Total kredit mikro untuk 2011, adalah Rp. 63.000.000,- yang diakses oleh 18 perempuan.

3.      Data KTP di WCC Sinceritas

Sinceritas menangani 97 kasus; di mana tertinggi adalah KDRT berjumlah 50 kasus (52%); Kekerasan Dalam Pacaran & seksual 18 kasus (19%), Kekerasan psikis (13%) , kekerasan fisik 7 kasus  (7%) ,  trafficking  2 kasus (2%), dan lainnya 7 kasus (7%) .

4.      Advokasi & partisipasi Politik Perempuan.

Tercatat 56 perempuan potensial untuk kepemimpinan di ranah public di wilayah, sementara jumlah anggota SPUK telah mencapai 5.215 orang. Selain itu terdapat 3 PERDES yang diadvokasi dan 92 sertifikat kelahiran anak di Pakpak bharat dan Dairi.

5.      Penguatan Anak.

Jumlah anak di enam TBAA dan penitipan adalah 158 (101 perempuan dan 57 laki-laki) dengan kemampuan membiayai diri sendiri sekitar  70 %. 

6.      Publikasi.

PESADA terus menerbitkan Suara Perempuan yang telah memasuki nomor 136. Sementara untuk buku, tahun ini dilakukan revisi Modul untuk Training Tanggap bencana, bersama jaringan LSM Sumatra, bernama FBCB.

7.      Neraca Keuangan PESADA 2011.

Perkumpulan Sada Ahmo

Laporan Keuangan Periode 31 Desember 2011

No.

Keterangan

Total

1

Saldo Awal      1,131,567,291

2

Penerimaan Dana      2,241,703,943

3

Biaya    (3,121,509,308)
  Saldo Akhir          251,761,926

 

8.      Personil PESADA berjumlah 45 orang, terdiri dari 37 perempuan dan 8 laki-laki; di mana 9 merupakan staff tetap (7 perempuan & 2 laki-laki), 15 staff kontrak (12 perempuan, 3 laki-laki), sementara lainnya adalah volunteer dan temporer (19 perempuan dan 2 laki-laki).

 

Sinceritas et Simplicitas….dengan Kutulusan dan kesederhanaan…(Ò)

Explore posts in the same categories: Info Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: