Pekan Rekreasi Aktivis NGO

Para Aktivis ORNOP/LSM Rekreasi

 di Pulau Poncan Sumut

 Memasuki tahun 2012 menjadi  awal yang baik untuk merajut kebersamaan dikalangan aktivis ORNOP/LSM Sumut. Tepatnya pada tanggal 17 – 20 Januari 2012 tujuh ORNOP/LSM Sumut mengadakan “Pekan Rekreasi Aktivis Sumut” bertempat di Pulau Poncan Gadang Sibolga.

Biasanya diawal tahun setiap lembaga disibukkan dengan aktivitas rutin, antara lain  membuat laporan dan menyusun perencanaan tahunan. Namun hal ini tidak menjadi halangan bagi sebagian lembaga.

Penulis (Maringan) bergaya di depan spanduk yang ditempel di badan bus.

Gagasan rekreasi sudah dimulai sejak  bulan September 2011. Dari sekian banyak NGO yang ada di Sumatera Utara hanya 16 NGO yang menyambut baik gagasan tersebut, walau akhirnya hanya tujuh lembaga yang ikut serta, yaitu: KSPPM, LENTERA,YAPIDI, BAKUMSU, Parpem GBKP, PESADA dan Pengmas GKPS.

Ide diadakannya pekan rekreasi ini lebih menjalin silaturahmi, berinteraksi dan saling mengenal antar sesama aktivis guna membangun jaringan yang lebih solid.

Pulau Poncan menjadi tempat pilihan pekan rekreasi. Untuk sampai dipulau Poncan ini kita harus menyeberangi lautan dengan kapal kecil dari Sibolga lebih kurang 15 menit, dengan melalui jalur Hotel Wisata Indah Sibolga. Hotel inilah yang menjadi tempat kontak bila hendak ke pulau Poncan.

Pertimbangan yang utama memilih tempat ini adalah anggaran yang lebih murah, fasilitas yang memadai, sesuai dengan  bentuk-bentuk acara yang akan dibuat antara lain: kolam pancing, sarana olahraga, tempat penginapan, lokasi untuk out bound, karaoke dan pulau yang sangat tentram dan nyaman yang setara dengan Bunaken, sehingga dapat melihat keindahan bawah laut.

Rombongan peserta pekan rekreasi pagi hari telah tiba di Sibolga dan sarapan bersama di Restoran Thamrin, sebelum menyeberang ke pulau Poncan. Diperkirakan jumlah rombongan yang ikut ada 70 orang terdiri dari 36 perempuan dan 34 laki-laki. Dari PESADA hanya diwakili dua orang; yaitu saya (Maringan Pardede) dan Ganda Maria Siregar.

Ganda bersama saya duet..bergaya seperti penyanyi!

Deru mesin kapal dan suara gemercik ombak akibat hantaman kapal yang sedang melaju terdengar mengiring perjalan kami menuju pulau Poncan. Tanpa terasa 15 menit perjalanan akhirnya kami tiba juga. Tulisan “Selamat datang di Pulau Poncan Gadang” langsung terlihat dari dermaga.

Selama tiga hari di pulau Poncan beragam aktivitas yang dilakukan berupa outbond, lomba nyanyi, cerita komedi, senam bersama dan pertandingan bola sarung (main bola pakai sarung!)..

Dari beberapa aktivitas yang sangat menarik dan mengundang tawa serta paling  seru, adalah perlombaan berjalan dalam terpal, dengan  empat orang pergroup, berbentuk lingkaran dengan melewati rintangan dan pertandingan bola sarung. Permainan ini dapat membuat suasana semakin akrab di antara sesama peserta.

Di hari terakhir sebelum rombongan pulang ke tempat masing-masing, panitia pekan rekreasi aktivis NGO Sumut menyempatkan untuk mengevalusi kegiatan ini,.

Umpan balik yang disampaikan, secara umum peserta sangat senang dengan adanya kegiatan ini dan menilai positip. Setidaknya kegiatan ini menjadi agenda bersama setiap tahunnya, untuk mengunjungi objek wisata yang berbeda. Bagaimanapun, aktivis juga adalah manusia, yang membutuhkan rekreasi.

Apakah ini akan tercapai ditahun berikutnya? Kita tunggu saja ditahun mendatang…Yang terpenting solidaritas dan kebersamaan sesama jaringan aktivis NGO tetap dijalin bersama. Awal yang baik dan berharap berakhir dengan baik…(MP)

Iklan
Explore posts in the same categories: Info Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: