Penyebaran HIV AIDS Memburuk


Ibu Rumah Tangga Pengidap AIDS Terbesar

 

Beberapa media yang berskala nasional menurunkan berita yang mengejutkan. Jumlah perempuan penderita HIV dan AIDS semakin meningkat. Perbandingan  Perbandingan rata-rata pengidap AIDS di Indonesia tahun 2009 adalah 3 laki-laki : 1 perempuan. Perbandingan di Riau 4 laki-laki : 1 perempuan. Di Papua, jumlah penderita laki-laki dan perempuan hampir sama besar.

Yang paling mengejutkan, Ibu rumah tangga menduduki peringkat pertama dari jumlah kumulatif AIDS pada perempuan tahun 2010 sebanyak 41,4 persen. Adapun pada pekerja seks perempuan yang selama ini dituding sebagai penyebar utama HIVternyata hanya  sebanyak 8,7 persen. Mengingat masa infeksi bias sampai sekitar 10 tahun, maka diperkirakan lonjakan jumlah ibu rumah tangga yang tertular AIDS terjadi sejak tahun 2003.

Mengapa Ibu RT tertular?

Menurut pendapat para ahli, para ibu RT tertular dari suami. Komisi Penanggulangan AIDS tahun 2009 memperkirakan 3,2 juta laki-laki pernah menjadi pelanggan pekerja seks. Sementara itu sekitar 1,9 juta perempuan menikah dengan laki-laki yang terinfeksi HIV. Latar belakang laki-laki pelanggan pekerja seks ini beragam, mulai dari sopir truk, anak buah kapal, petani, nelayan, pegawai negeri, karyawan swasta, wiraswasta, hingga aparat keamanan.

Inilah data terakhir yang perlu kita cermati:

 Tetapi jangan jadi panik dan paranoid. Yang penting adalah waspada dan tetap setia dengan satu pasangan. Gunakan kondom ketika berhubungan seks. Di bawah ini beberapa fakta mengenai penularan HIV dan AIDS:

(Ò – dari berbagai sumber a.l. Kompas dan Femina).

Explore posts in the same categories: Seputar Perempuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: