“ Perempuan dan Sistem Pendidikan”

Panitia Bersama

Perayaan hari Kartini 21 April 2012

(d/a Jln. Jamin Ginting km 8 no.282 Medan 20141, no.telp 061-8361102)

 

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, yang jatuh pada tanggal 21 April, kami Kelompok Aktivis Perempuan SUMUT mengambil thema untuk memperingatinya yaitu “Perempuan dan Sistem Pendidikan”. Thema ini kami pilih dengan mengingat bahwa salah satu perjuangan Kartini adalah agar perempuan Indonesia setara dalam bidang pendidikan. Umumnya Hari Kartini selalu diperingati dengan melaksanakan hal – hal yang sifatnya hanya seremonial belaka seperti memakai kebaya, sanggul dan lomba memasak. Hal ini merupakan kegiatan yang lebih merupakan pengabdian peran perempuan di lingkup rumah tangga, dan tidak membangun pemahaman akan peran perempuan yang lebih luas dari itu semua. Faktanya di Indonesia  jumlah perempuan buta aksara sekitar 6,5 juta orang. Mayoritas perempuan buta aksara berada pada usia 40 tahun ke atas.

Salah satu penyebab perempuan tidak bisa mengakses pendidikan adalah karena budaya Patriarkhi, dimana perempuan lebih dituntut untuk melakukan pekerjaan domestik dan membantu perekonomian keluarga. Diharapkan masyarakat serta keluarga menyadari betapa pentingnya peran pendidik dalam merubah pola pikir patriarkhis yang sudah pasti tidak peka gender, baik di lingkup rumah tangga (orangtua dan orang dewasa) maupun di lingkungan pendidik formal yaitu para Guru.

Untuk mengingatkan Negara dan Masyarakat serta seluruh institusi yang ada, Kelompok Aktivis Perempuan Sumatera Utara mengadakan rangkaian acara dalam Pekan Perayaan Hari Kartini sejak 16 April sampai dengan 27 April 2012, berupa ;

  1. Membuat Siaran Pers sebagaimana yang kami sampaikan ini kepada seluruh media massa cetak.
  2. Sosialisasi masalah perempuan berupa Talkshow Radio di beberapa radio, antara lain Lite FM, Delta FM, M Radio, RRI Pro 1, City Radio, Radio Hapsari, Radio Komunitas Bitra, Grey FM Karo, Radio Komunitas SPI Labuhan Batu.
  3. Melakukan Diskusi di Harian Tribun pada tanggal 16 April 2012.
  4. Melaksanakan Diskusi bersama Forum Jurnalis Perempuan pada tanggal 21 April 2012.
  5. Melaksanakan dialog dengan DPD Perempuan SUMUT, Ibu Prof. Dr. Ir. Darmayanti Lubis, pada tanggal 26 April 2012.
  6. Melaksanakan diskusi dan pertemuan perempuan pada tanggal 27 April 2012.

Dalam kesempatan ini Kelompok Aktivis Perempuan Sumut, menghimbau dan menegaskan:

  1. Kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota agar memaksimalkan penerapan Pengarusutamaan Gender di bidang pendidikan, yang pada kenyataan masih ditemukan diskriminasi antara murid perempuan dan laki-laki dalam mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan. Walau  Pemerintah Pusat telah mengeluarkan peraturan yaitu Inpres No. 09 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender di setiap bidang kehidupan khususnya dalam bidang pendidikan.
  2. Pendidikan kesetaraan gender harus dimulai dari pendidikan informal dalam rumah tangga dan untuk itu, orang tua (ayah dan ibu) harus paham dan menerapkan pendidikan berperspektif gender dalam mendidik anak-anak mereka.
  3. Pemerintah Pusat dan daerah lebih pro aktif dalam menjangkau anak-anak khususnya anak perempuan yang putus sekolah dan buta aksara untuk mengurangi jumlah perempuan buta aksara di Indonesia.
  4. Kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk lebih mengawasi isi tulisan maupun gambar dalam buku – buku pelajaran sehingga tidak bias gender.
  5. Mendukung pendidikan perempuan potensial untuk masuk dalam institusi publik sebagai pengambil kebijakan, sehingga masyarakat khususnya perempuan terwakili dan kebijakan yang diambil pro perempuan.

Kepada seluruh perempuan khususnya di Sumatera Utara kami ucapkan Selamat Hari Kartini  dan mari kita terus memperjuangkan penegakan Hak-hak Azasi Perempuan.

Medan, 20 April  2012

A.n. Panitia Bersama Pekan Perayaan Hari Kartini

(HAPSARI, Kaukus Perempuan SUMUT, Koalisi Perempuan Indonesia Wil. SUMUT, KPAID Sumut, PAKKAR, PESADA, PKPA, PSGPA-UNIMED, YAK, YAPIDI)

Timo Dahlia Daulay                    Kholidah Lubis                                           Elvi Hadriani

Explore posts in the same categories: Info Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: