Rapat Anggota Tahunan CU Besar “Pesada PEREMPUAN”

Thema: “ Kita Bisa, Kita Sejahtera dan Kita Bangkit bersama CU Pesada PEREMPUAN “

 Ini  merupakan tema pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan  CU Pesada PEREMPUAN yang ke V. CU Pesada PEREMPUAN adalah lembaga penguatan ekonomi dan politik perempuan yang merupakan   dampingan PESADA ( Perkumpulan Sada Ahmo ).

 

Sejarah  CUB Pesada Perempuan.

PESADA telah memulai pendampingan CU sejak tahun 1993.  CU yang pertama adalah CU Melati  yang berada di desa Tinada Pakpak Bharat.  Pendampingan  kelompok perempuan ini juga menjadi awal sejarah pendampingan PESADA untuk perempuan yang terpinggirkan dari segala bidang seperti akses kepada ekonomi,  pendidikan ( minimnya pengetahuan mengenai hak – hak azasi manusia dan hak azasi perempuan dll ) dan minimnya pelayanan public ( aturan – aturan yang tidak berpihak kepada perempuan, layanan kesehatan yang kurang memadai  dan akses ke sumber daya  lainnya). Seiring berjalannya waktu, CU di desa-desa semakin berkembang dan  system pelaporan keuangannya terpisah – pisah mengakibatkan adanya kesulitan dalam mengontrol keabsahannya, sehingga ada  pikiran dari PESADA untuk menggabungkan  seluruh  CU ini  menjadi CU Besar.  Pada tanggal 29 Agustus 2006  dibentuk lah CU Besar yang di beri nama CU Pesada PEREMPUAN  yang artinya “Satukan Perempuan.“

 

Demonstrasi dan Pendidikan

Rangkaian kegiatan untuk  pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan yang ke V ( lima ) ini  diawali pada tanggal 28 Maret dengan aksi damai ke  kantor DPRD Kabupaten Dairi,  dengan menyampaikan pernyataan sikap perempuan menolak   kenaikan BBM. Dalam proses aksi damai ini peryataan sikap perempuan di tanggapi oleh anggota DPRD  mewakili partai PDIP dengan mengatakan akan menyampaikan aspirasi perempuan atas penolakan kenaikan BBM. Setelah aksi selesai, cuaca menjadi mendung dan mencurahkan tetesan – tetesan air hujan seakan – akan mendengar jeritan dan tangisan dari perempuan akan ketidak adilan yang melanda negri ini. Yang pantas dicatat, adalah kebaikan hati para polisi mengantar rombongan pulang dengan truk mereka. Terima kasih….

Dan selanjutnya para peserta kembali ke PUSDIPRA ( Pusat Pendidikan Perempuan dan Rakyat ) untuk mengikuti  kegiatan pengembangan kapasitas untuk perempuan mengenai kesehatan reproduksi perempuan yang difasilitasi oleh dr. Kristina Dewi Singarimbun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi. Mulai akses informasi pengertian dari kesehatan reproduksi,  pengenalan bagian – bagian alat reproduksi, serta bagaimana cara / tips menjaga kesehatan reproduksi. Pendidikan ini sangat  penting, karena menurut data penyebab kematian ibu banyak sekali diakibatkan oleh penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara. Penyakit ini adalah bagian reproduksi perempuan yang harus diperhatikan, dikenali sejak dini dan ada perawatannya.  Setelah pemaparan materi, dr. Kristina  melakukan pemeriksaan IVA ( cara baru untuk mendeteksi kanker leher rahim ) di kantor CU Pesada PEREMPUAN yang diikuti oleh 50 orang peserta.

Terpilihnya peengurus CU Famigliya masa periode 2012-2014

Perkembangan CUB.

Hari kedua adalah acara yang paling dinantikan oleh seluruh peserta dengan mendengarkan laporan pertanggung jawaban dari Dewan Pimpinan, laporan penilaian dari Dewan Pengawas serta penjelasan aturan – aturan yang berlaku untuk tahun 2012. Di bawah ini, ringkasan laporan CU Pesada PEREMPUAN.

Perkembangan CU Pesada PEREMPUAN  per Desember 2011:

Jumlah anggota

5.367 orang

Total Saham

Rp  6.812.713.362,-

Total Pinjaman yang beredar

Rp  8.275.561.004,-

SHU ( Sisa Hasil Usaha )

Rp 1.911.943.245,-

Total Asset

Rp10.608.404.947,-

Ada  dua orang Dewan Pimpinan mengundurkan diri yaitu Mamat Munthe dan Laide Padang dengan alasan masalah kesehatan dan fokus kepada pekerjaan yang sudah ada; sementara satu orang diberhentikan karena melanggar aturan di CU Pesada PEREMPUAN.

Untuk itu, diadakan pemilihan Dewan Pimpinan untuk mengisi posisi tersebut. Dewan Pimpinan yang terpilih adalah Rismawati Bancin ( Wakil Ketua ), Henri Pandiangan ( Sekretaris ), dan Tioma Manalu ( Anggota ).  Seluruh peserta bersemangat dan aktif  mengikuti rapat tahunan  serta aktif  menyampaikan pertanyaan, memberikan  masukan dan saran  untuk  perbaikan ke depan.

Setelah penutupan acara  Pengurus unit membawa pulang SHU ( Sisa Hasil Usaha )    yang akan di bagikan  kepada anggota di unitnya  masing – masing.  Selamat untuk CUB Pesada PEREMPUAN. (ES)

Explore posts in the same categories: Seputar Perempuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: