Konsultasi

Tanya :

Saya adalah anggota CU. Di kampung kami, ada masalah yang mengganggu dan rasanya mempermalukan kami perempuan. Ceritanya begini: Seorang isteri menuduh suaminya suka selingkuh. Suaminya juga jarang member nafkah dan pernah memukul isteri. Selain itu, si isteri juga mengadukan perempuan lain yang adalah Guru TK, sebagai selingkuhan suaminya. Kami resah karena dua hal, dia menjadi korban KDRT, tetapi juga karena perempuan lain sepertinya memang ada hubungan dengan suaminya. Ini membuat kami sebagai anggota CU yang anggotanya perempuan menjadi malu, terutama ketika masyarakat setempat seakan menyalahkan perempuan. Apa yang dapat kami lakukan sebagai CU yang sebenarnya ditujukan untuk penguatan perempuan di kampung kami ini?

Jawab :

Terima kasih karena sebagai anggota CU Ibu merasa tergerak untuk berbuat sesuatu. Kalau hanya berdasarkan cerita Ibu. Posisi kami sebagai orang-orang yang membela perempuan adalah melihat adanya 2 perempuan yang menjadi korban di sini. Bahkan kelompok Ibu juga telah terikut merasa malu, karena berawal dari perilaku si suami tersebut.

Menurut pendapat kami, kedua kasus ini bisa dipisahkan dan juga diadukan kepada polisi. Pengaduan pertama adalah KDRT. Pengaduan kedua, sifatnya perdata. Jadi ini sebenarnya bisa dibantu oleh CU dengan cara menjadi penengah atau mediator. Tidak perlu langsung menyalahkan Guru TK tersebut atau bertindak sebagai penyelidik yang mengejar pengakuan. Dasar pikiran kita adalah menyadarkan perempuan ini, siapa sebenarnya pelaku yang membuat perempuan menderita dan dipermalukan. Tidak ada seorangpun isteri yang ingin mengalami KDRT. Dan tidak ada seorangpun perempuan yang gembira menjadi selingkuhan seorang laki-laki yang sudah beristri. Ini yang perlu disadarkan. Dan laki-laki tersebut memang perlu diberi pelajaran agar perilakunya berubah. Karena tiga pasal sebenarnya telah dilanggar oleh suami, yaitu: pasal 49 UU No 23 tahun 2004 mengenai penelantaran ekonomi, pasal 45 mengenai kekerasan psikis dan pasal 44 mengenai kekerasan fisik.

Untuk para anggota CU, pastikan kasus-kasus seperti ini bisa ditangani dengan baik, agar KDRT semakin menurun; para perempuan terlindungi dan para laki-laki yang menjadi pelaku Kekerasan terhadap Perempuan dapat berubah perilakunya. WCC Sinceritas atau PESADA selalu bersedia mendidik, menyadarkan dan membantu secara hukum atau psikis di mana diperlukan. Salam solidaritas (Ò)

Iklan
Explore posts in the same categories: Konsultasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: