Pesan SEKJEN PBB Ban Ki-moon untuk Hari Internasional Perempuan Pedesaan 2012

 

Penguatan perempuan pedesaan sangatlah penting untuk mengakhiri kelaparan dan kemiskinan. Menolak hak-hak dan kesempatan-kesempatan perempuan pedesaan sama dengan menolak masa depan yang lebih baik bagi anak-anak mereka dan bagi masyarakat. Itulah sebabnya PBB baru-baru ini meluncurkan program untuk penguatan perempuan pedesaan dan meningkatkan ketahanan pangan”. Itulah inti pesan SEKJEN PBB dalam peringatan Hari Perempuan Pedesaan internasional baru-baru ini.

Komitmen PBB.

Setiap tanggal 15 Oktober, PBB mencanangkannya sebagai hari perempuan pedesaan internasional. Yang ditetapkan oleh Majelis Umum PBB dalam resolusi 62/136 tanggal 18 Desember 2007.

PBB mengakui “peran penting dan kontribusi perempuan pedesaan, termasuk perempuan pribumi, dalam meningkatkan pembangunan pertanian dan pedesaan, meningkatkan ketahanan pangan dan pengentasan kemiskinan di pedesaan”. Oleh karena itu, tema untuk Sidang ke-56 Komisi Status Perempuan (27 Februari – 9 Maret 2012) adalah: “Pemberdayaan perempuan pedesaan dan peran mereka dalam pemberantasan kemiskinan dan kelaparan, pembangunan dan tantangan saat ini.”

Isi Pesan SEKJEN PBB.

Di dalam  pesan SEKJEN PBB Ban Ki Moon, dinyatakan bahwa perempuan pedesaan adalah penghasil pangan dunia, yang juga merawat lingkungan dan membantu mengurangi resiko bencana di komunitasnya. Tetapi meski demikian, perempuan pedesaan terus mengalami diskriminasi atas hak-hak mereka atas tanah pertanian, akses ke keuangan/kredit, gizi, pelayanan kesehatan, air dan sanitasi. Akses ke pekerjaan pantas sangat sulit karena pekerjaan dan beban mereka sehari-hari yang cukup berat dan tidak bernilai ekonomi. Oleh karenanya dibutuhkan upaya-upaya untuk mengatasi masalah tersebut, dan meningkatkan partisipasi mereka sebagai pengambil keputusan; melalui perlindungan atas hak-hak perempuan pedesaan dan meningkatkan status perempuan pedesaan.

Pesan SEKJEN PBB tersebut diakhiri dengan himbauan:

“….saya mengajak semua mitra untuk mendukung perempuan di pedesaan, mendengarkan suara dan ide-ide mereka, serta  memastikan bahwa kebijakan menjawab kebutuhan dan tuntutan mereka. Mari kita melakukan segala yang bisa untuk memungkinkan perempuan pedesaan untuk mencapai potensi mereka,  untuk kepentingan semua.(Ban Ki-moon).

”SELAMAT untuk seluruh Perempuan Pedesaan…”

Explore posts in the same categories: Seputar Perempuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: