Perempuan Memilih !!! Untuk Sumatera Utara yang Lebih Baik

Tak lama lagi masyarakat di Sumatera Utara akan menggelar Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil (PILGUBSU) yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2013.  Kita  berharap  PILGUBSU  bisa  berjalan  dengan  teratur  tanpa kekerasan.

Kita  telah  melewati  banyak  pemilu  dan  pilkada,  namun  kita  terutama  warga miskin, kelompok minoritas,  baik di desa atau di kota, tidak merasakan makna terpilihnya pemimpin politik yang membawa perubahan yang lebih baik. Jika kita refleksikan  SUMUT 5 tahun ke belakang, apakah masyarakat SUMUT terutama warga miskin, perempuan,  buruh dan kelompok minoritas merasakan kehidupan yang lebih baik? atau justru sebaliknya? Apalagi masyarakat SUMUT harus malu karena memiliki Gubernur yang terjerat kasus korupsi?

“Pemilu  dan  Pilkada  saat  ini  dinilai  tidak  akan  mampu  melahirkan  pemimpin politik yang berintegritas, memiliki visi yang kuat dan berpihak kepada masyarakat miskin dan kelompok warga minoritas SUMUT di  dalam  situasi sistem politik yang korup saat ini”. Hal ini terungkap dalam pendidikan politik yang dilakukan oleh Perkumpulan Sada Ahmo dan Suara Perempuan untuk Keadilan (SPUK) pada tanggal 30-31 Januari 2013 di PUSDIPRA, Sidikalang.  Demokrasi politik kita saat ini sedang “disandera” oleh sekompok kekuatan pemodal, preman, mafia, politik patriarkhi dan politisi kutu loncat yang tak kasat mata didalam struktur politik di negara  kita.  Mereka  menguasai  partai  politik, menyuap  pejabat  negara,  dan melakukan kekerasan kepada rakyat.

Partai  politik  seharusnya  berfungsi  sebagai  media  pendidikan  politik,  saluran aspirasi  rakyat dan  mempersiapkan pemimpin politik  namun tak bekerja sebagaimana mestinya. Partai politik perlu berbenah diri jangan sampai rakyat sebagai pemegang kedaulatan negara menarik mandat dan memilih Golput dalam berbagai Pemilu. Oleh karena itu partai politik sebagai  perpanjangan kedaulatan rakyat  atas negara  ini seharusnya  bekerja  mewujudkan  tatanan  politik  yang demokratis sehingga pemerintahan dapat bekerja untuk kesejahteraan rakyat.

Dari ke-5 kandidat Cagubsu saat ini, PESADA dan SPUK menilai bahwa :

1.  Para kandidat belum memiliki visi/misi yang jelas tentang agenda penguatan perempuan, perlindungan terhadap kelompok minoritas, dan perbaikan sistem politik yang korup di struktur pemerintahan Sumut.

2.  Perspektif  gender  kandidat  lemah, terdapat beberapa  kandidat  yang bermasalah dengan terindikasi korupsi, dinilai “Haus Kekuasaan” karena masih terdapat beberapa kandidat yang masih bertugas sebagai Bupati/Wakil Bupati, DPR/D

3.  Koalisi partai politik pendukung yang transaksional, parpol yang anggotanya terlibat korupsi, dll.

Kekhawiran politik uang akan merusak Pemilu yang Jujur, Bersih, dan Adil di PILGUBSU akan sangat mungkin terjadi. Secara umum masyarakat terutama perempuan tidak mengenal dan memperoleh informasi yang cukup tentang kandidat. Di lain pihak para tim sukses kandidat sudah mulai menjalankan  praktek politik uang untuk meraih suara terutama dari pemilih yang ikut-ikutan, memilih karena suku, agama. Para penyelenggara Pemilu, seperti KPU, Panwas dan pihak Kepolisian perlu lebih proaktif untuk mengawasi  jalannya  Pilkada agar tak ada ruang gerak bagi jalannnya praktek suap kepada pemilih.

Berangkat dari pemahaman atas situasi politik kita saat ini, PESADA dan SPUK menghimbau kepada  perempuan kelompok dampingan dan pemilih di Sumatera Utara  agar :

  • Menggunakan  hak   pilihnya  secara  kritis dengan  mempertimbangkan kandidat dari aspek visi misi calon, rejam jejak, personal kandidat (bersih, tidak poligami, memiliki  perspektif gender) dan partai politik pendukung yang bersih.
  • Menghimbau  agar  kita  menolak  praktek  suap  yang  dilakukan  oleh  tim sukses kandidat kepada pemilih dalam PILGUBSU ini.
  • Menghimbau  kepada   para  kandidat  dan   pendukungnya  untuk  dapat berkompetisi politik dengan etis, tanpa kekerasan dan menjaga perdamaian di SUMUT. (KRS)

Explore posts in the same categories: Info Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: