Tujuan dapat Dicapai dengan Semangat & Pembaharuan. (Catatan Awal Tahun 2013 Oleh Direktur Eksekutif PESADA)

Tahun  2012,  merupakan  tahun  reflektif  atau  tahun  untuk  betul-betul  berkaca mengenai dirinya, bagi PESADA. Berbagai persoalan menerpa, menguji kesetiaan dan  solidaritas  seluruh  personil  PESADA.  Hasilnya   cukup  menggembirakan, karena  terlihat  seluruh  personil  bersatu  dengan  kuat  (solid)  dalam  mengatasi masalah-masalah yang datang.

Dari evaluasi personil secara umum juga tampak, bahwa nilai kesetiaan seluruh personil PESADA mendapat nilai paling tinggi diantara rincian penilaian kinerja dan personil PESADA.

Peserta Syukuran Awal Tahun 2013 berfoto di depan PUSDIPRA

Peserta Syukuran Awal Tahun 2013 berfoto di depan PUSDIPRA

Swadaya Meningkat

Ditengah-tengah sulitnya mengakses lembaga dana, kreatifitas personil termasuk kemampuan  menggalang  dana,  membangun  swadaya  dari kelompok semakin meningkat. Banyak kegiatan-kegiatan PESADA yang didukung oleh kelompok CU (Credit Union), Suara Perempuan Untuk Keadilan (SPUK) dan juga perorangan. Hal ini menunjukkan semakin banyak pihak yang terlibat dan berkontribusi dalam menguatkan gerakan perempuan. Upaya  pendanaan akan semakin ditingkatkan melalui penjaringan donasi dari semua pihak yang sesuai dengan prinsip-prinsip PESADA & penguatan perempuan.

Pendidikan Politik Perempuan

Belajar dari  pengalaman  tahun-tahun  sebelumnya,  tahun  2012  juga PESADA berefleksi  bagaimana  strategi  dalam  mendukung  partisipasi politik  perempuan. Untuk 2013, PESADA akan lebih mengedepankan nilai non partisan, artinya tidak menjadi pendukung dari partai tertentu.

PESADA akan lebih  memilih untuk tetap melakukan pendidikan-pendidikan politik untuk perempuan dampingan, dan menyerahkan        dukungan kepada perempuan dalam politik sepenuhnya ke SPUK. Yang penting, SPUK sudah memahami sistim politik dan dinamika PILKADA  maupun  PEMILU,  sadar mengenai hak politik perempuan, serta siap menghadapi resiko ketika memilih siapapun, ataupun ketika tidak memilih. Tahun 2013 adalah tahun politik bagi SUMUT, dan jembatan penting menuju 2014

Ketahanan Pangan untuk keluarga

Pemasangan ajir kacang panjang, mentimun di lahan unit Fahuwusada, 21 Jan 2013

Pemasangan ajir kacang panjang, mentimun di lahan unit Fahuwusada, 21 Jan 2013

Ditahun 2012 juga, PESADA kembali menggiatkan peran  perempuan  dalam ketahanan pangan melalui pertanian organik yang membutuhkan ketekunan, kesabaran dan perubahan perilaku/kebiasaan. Beras, masih dianggap sebagai bahan pangan utama. Konsumsi makanan selain beras (pisang, jagung, ubi jalar) hanya dianggap penting ketika kondisi keluarga sudah rawan pangan.  PESADA berharap bahwa keluarga, isteri dan suami dapat bertanggung jawab penuh dalam menjaga ketahanan pangan keluarga. Bersandar keberas tidaklah bijaksana untuk kesehatan tubuh maupun kondisi pertanian dan harga bahan pangan. Penganeka-ragaman tanaman dan bahan pangan menjadi sangat penting untuk dilaksanakan.

KTP dan Pengkaderan.

Penanganan  Kekerasan  terhadap  Perempuan  (KTP) serta  perjuangan  untuk memperoleh akta lahir bagi anak-anak khususnya anak dari Ibu Tunggal, akte kawin bagi perempuan menikah, serta Kartu Keluarga akan terus dilakukan. Total kasus KTP yang didampingi  WCC/Rumah Aman Sinceritas meningkat menjadi 139 kasus dengan jumlah terbanyak di wilayah dampingan Pakpak Bharat, Dairi dan Humbang Hasundutan sebanyak  52 kasus.

Untuk  ini  kader-kader  PESADA  akan  terus  di  didik  untuk  dapat  memperluas jangkauan dan dapat membantu penanganan korban di lapangan.

Innovasi & Perluasan Jangkauan.

Tahun 2013, PESADA akan lebih membuka diri, dengan lebih banyak melibatkan orang-orang dalam mendukung  dan menguatkan gerakan perempuan di Sumatra Utara, maupun di pulau Sumatera.

Meski telah 22 tahun PESADA berkiprah, tetapi justru banyak anggota masyarakat di sekitar PESADA yang hanya mengenali PESADA dari permukaan saja, seperti: lembaga  perempuan  yang mengurus   korban  KTP, mendampingi CU untuk pemberian kredit. Tetapi tidak mengenal gambaran besar dan strategi penguatan perempuan  oleh  PESADA  di lapangan. PESADA sendiri  begitu  sibuk  dengan program, hingga kurang bersosialisasi dengan sekitar.

Oleh karena itu pengenalan PESADA ke sekitar telah dimulai di awal Januari dengan  mengadakan ‘open house’ sekaligus syukuran awal tahun program untuk masyarakat sekitar kantor Sidikalang. Masyarakat diajak berkeliling kantor untuk mengenali tujuan-tujuan, nilai-nilai  serta    strategi PESADA  secara  konkrit. Demikian juga pengenalan seluruh personil PESADA.

PESADA akan membuat salah satu TBAA sebagai ‘center of excellence’ atau percontohan untuk dapat ditiru untuk ide pendidikan anak pra-sekolah, play group sekaligus penguatan Ibu yang bekerja di luar rumah.

CU Besar akan menyediakan layanan ‘one stop service’ (penyediaan kebutuhan perempuan) mulai dari kebutuhan RT, ruang kesehatan reproduksi & gym,  sampai ke pengembangan pengetahuan mengenai situasi masa kini.

Ide untuk memulai desain besar Kampus PESADA sebagai ruang pembelajaran untuk penguatan perempuan akan semakin dikonkritkan di tahun ini. Mohon doa semua.

Tujuan dapat tercapai dengan semangat pembaharuan.

Untuk mencapai visi, misi dan tujuan organisasi, PESADA juga sudah memiliki Matriks Perencanaan Program untuk 2013-2016,  Dewan  Pengurus  dan  Dewan Pengawas serta struktur yang baru, dengan adanya Deputy Direktur dalam struktur. Rapat  Anggota PERKUMPULAN  juga  sudah  mengesahkan kode etik sebagai pedoman  seluruh  personil dalam melaksanakan  aktifitas  sehari-hari di kantor maupun di rumah.

Semoga  pelayanan  PESADA  semakin  menguat  untuk  mencapai  keadilan dan kesetaraan gender. (RS/DL).

Explore posts in the same categories: Tema Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: