Margaret Tatcher Berawal Dari Peneliti Es Krim, Menjadi Perdana Menteri Perempuan Inggris/Eropa Pertama

Margaret Tatcher

Margaret Tatcher

Mungkin tidak banyak yang tahu atau ingat, bahwa Margaret Tatcher, Ibu dari dua anak kembar yang berpulang pada tanggal 8 April 2013 ini; dulunya adalah seorang peneliti. Jasanya untuk es krim cukup besar dan berpengaruh ke kenikmatan es krim saat ini…

Siapa Tatcher ???

Dia adalah perempuan tangguh yang dijuluki ‘the Iron Lady atau Wanita Besi’. Margaret Tatcher, menjadi pimpinan pemerintahan pertama di Inggris, bahkan di Eropa. Juga Perdana Menteri terlama di abad 20. Dia memerintah mulai 1979 sampai 1990.

Nama lengkapnya adalah Margaret Hilda Roberts, lahir 13 Oktober 1925; menikah dengan Denis Thatcher di tahun 1951 (-2003). Dia mempunyai anak kembar bernama Carol Thatcher dan  Mark Thatcher. Sebelum menjadi perdana Menteri, Margaret adalah seorang  Ahli Kimia, dan juga pengacara.

Sejak kecil, pemilik nama asli Margaret Hilda Roberts dikenal sebagai sosok yang keras, berdisiplin tinggi, dan sangat ambisius. Bahkan, saat usia sembilan tahun, dia sudah bisa memperlihatkan diri akan menjadi orang besar. “Saya bukan beruntung. Saya memang layak juara,” kata Thatcher saat menerima penghargaan karena prestasinya yang menonjol di sekolah.

 

Inilah  Margaret Thatcher yang peneliti,  tahun 1951

Inilah Margaret Thatcher yang peneliti, tahun 1951

Thatcher adalah seorang lulusan kimia dari Universitas Oxford dan berperan dalam penemuan es krim bertekstur lembut. Thatcher melakukan penelitian untuk menciptakan produk es krim lembut bersama timnya pada 1949. Saat itu, ia bekerja pada sebuah industri kue dan teh yang juga menjual es krim bernama J Lyons and Co. Untuk menciptakan es krim lembut, Thatcher dan timnya menggunakan emulsifier. Tujuan penggunaan emulsifier adalah menciptakan es krim yang lebih lembut dan mengurangi penggunaan bahan baku, sehingga ongkos produksi bisa diturunkan. Berkat karya Thatcher, kita semua bisa menikmati es krim yang lembut dan sedap itu…

Menjadi Politisi.

Karier Thatcher sebagai peneliti tak bertahan lama. Tahun 1952, ia berhenti dari J Lyons and Co dan mulai meniti karier di bidang politik. Ia mulai belajar hukum pajak, memenangkan kursi di parlemen hingga puncaknya menjadi Perdana Menteri dari Partai Konservatif. Julukan wanita besi mulai diberikan oleh wartawan militer Uni Soviet, bernama Kapten Yuri Gavrilov di tahun 1976. Thatcher memang konsisten menentang Uni Soviet dan Komunisme. Apa katanya mengenai julukan itu? “Saya berdiri di hadapan Anda malam ini dengan gaun malam dari chiffon warna hijau, dengan riasan tipis di wajah, rambut bergelombang. Sang Wanita Besi dari Barat? Saya? Pejuang perang dingin? Tidak apa-apa kalau memang itu tafsiran orang tentang bagaimana saya mempertahankan nilai-nilai dan kebebasan fundamental dalam hidup kita,” katanya tegas dalam pidato tahun 1976 setelah Kremlin menjulukinya sebagai Sang Wanita Besi.

Berikut kutipan lain Thatcher yang terkenal dan dicatat media:

“Saya punya kemampuan seorang perempuan untuk tetap menjalani pekerjaan dan terus melakukannya saat yang lain sudah menyerah dan kabur,”kata Thatcher saat berpidato tahun 1975.

Apakah Margaret membawa pengaruh terhadap naiknya jumlah perempuan di arena politik. Menurut beberapa pengamat di Inggris, TIDAK. Hanya satu menteri perempuanyang diangkat di masa pemerintahannya. Ini disesali bahkan dikecam oleh para feminist.

Tetapi kepemimpinannya harus dicatat sebagai keberhasilan perempuan di bidang politik. Dia pantas dihargai dan dikenang.. Rest in peace, Tatcher…

(DL-dari berbagai sumber a.l. Kompas, BBC).

Explore posts in the same categories: Seputar Perempuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: