Lokakarya Pertama PERMAMPU untuk Konsolidasi, Tata Kelola Kelembagaan dan Peningkatan Kapasitas PERMAMPU

3

PESADA bersama 7 LSM Perempuan lainnya di Sumatera, yaitu: Flower Aceh, LP2M Padang, Aliansi Perempuan Merangin Jambi, WCC Cahaya Perempuan Bengkulu, PPSW Sumatera di Riau, DAMAR Lampung dan WCC Palembang; bersatu di bawah satu Konsorsium bernama Konsorsium Perempuan Sumatra Mampu, disingkat PERMAMPU.

PERMAMPU menjadi bagian dari Forum Mitra MAMPU – AUSAID untuk penanggulangan kemiskinan perempuan di Indonesia khususnya di pulau Sumatra. Adapun program yang akan dilaksana PERMAMPU adalah: Penguatan Kepemimpinan Perempuan Akar Rumput Melalui Perlindungan & Pemenuhan Hak Kesehatan Seksual & Reproduksi/HKSR Perempuan di 8 Propinsi di Sumatera.

Sebagai langkah pertama untuk persiapan, PERMAMPU memandang penting untuk menguatkan komitmen dan kesepahaman bersama mengenai bangunan keorganisasiannya secara lengkap dan terpadu terhadap persoalan HKSR.

Untuk itu dilaksanakan sebuah lokakarya yang dihadiri oleh para Direktur dari8organisasi anggota PERMAMPU dan para Koordinator Keuangan atau Program. Lokakarya ini menjadi bagian awal dari proses peningkatan kapasitas organisasi anggota untuk memahami persoalan HKSR di Sumatra, sehingga programnya dapat dilaksanakan dan tujuannya tercapai.

Proses Lokakarya.

Lokakarya dilaksanakan dalam waktu 5 hari efektif dengan difasilitasi oleh Lusy Herlina (Direktur Konsil LSM), Nara Sumber Lies Markus (Konsultan free lance & Peneliti) dan Krisdeny Mahajaya (Manager Keuangan Cowater – Lembaga Pelaksana MAMPU Ausaid) serta seorang Peneliti bernama Sita Van Bemmelen.

Di dalam lokakarya ini, para peserta mendiskusikan dan menyepakati nilai-nilai PERMAMPU, memahami kerjasama dengan Cowater, memperoleh pendalaman pengetahuan mengenai Seksualitas, serta pengetahuan mengenai Penelitian Feminist.

Peserta dari Jambi (Nani) dan dari SUMUT (Elpina) tukar pikiran mengenai seksualitas

Peserta dari Jambi (Nani) dan dari SUMUT (Elpina)
tukar pikiran mengenai seksualitas

Hasil Lokakarya.

Di akhir hari kelima, seluruh peserta dapat mencapai tujuan Lokakarya ini, yaitu semakin mengeratkan persaudarian di antara semua peserta, kapasitas meningkat, demikian juga dasar keorganisasian PERMAMPU; serta siap untuk perencanaan penelitian feminis yang akan dilakukan melalui uji coba di lapangan. Secara khusus hasil yang dicapai adalah sbb.:

  1. Ada komitmen bersama dari organisasi anggota untuk pencapaian misi dan tujuan strategis Konsorsium PERMAMPU.

  2. Tersusun dan disepakati dokumen kelembagaan PERMAMPU meliputi:

  • Struktur, Fungsidan Peran

  • Mekanisme Kerja dan Penyelesaian Konflik

  • Draft Prinsip/Nilai-nilai

  • Draft awal Aturan Konsorsium (mekanisme penyaluran hibah, pemahaman ‘fraud’ /kecurangan, sistim pelaporan)

  • Mekanisme Cross Learning

  1. Meningkatnya pemahaman dan kesadaran tentang isu-isu Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi(HKSR) dalam perspektif feminis.

  2. Diidentifikasi Pilot/innovasi untuk Program HKSR Perempuan

  3. Dipahami seluruh proses dan jadwal kerjasama PERMAMPU dengan COWATER.

Ketika Peserta Lokakarya I PERMAMPU mendiskusikan pertanyaan untuk penelitian

Ketika Peserta Lokakarya I PERMAMPU mendiskusikan pertanyaan untuk penelitian

Lokakarya diakhiri dengan semangat kebersamaan untuk bersiap melaksanakan sebuah penelitian partisipatoris, yang akan mendengarkan suara dan pengalaman perempuan sendiri mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi, maupun seksualitas mereka. Selamat untuk PERMAMPU… (DL)

Explore posts in the same categories: Info Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: