Deklarasi Suara Perempuan Untuk Keadilan/SPUK Sanaya Pulau Nias

Pada Tanggal 9 s/d 10 Desember 2013, kami terdiri dari 54 Perempuan Nias dari 35 Desa di 5 Kabupaten /Kota Dan seluruh peserta Perayaan 16 Hari Aktivisme dalam rangka Hari Anti kekerasan terhadap Perempuan (25 November) sampai pada hari Hak Azasi Manusia (10 Desember 2013), melaksanakan Kongres yang menghasilkan terbentuknya organisasi kemasyarakatan perempuan Nias bernama Suara Perempuan Untuk Keadilan/SPUK Sanaya Pulau Nias atau disingkat dengan SPUK Sanaya Pulau Nias.

Kami telah melihat dan mengalami bahwa Nias sebagai wilayah kepulauan, menghadapi berbagai persoalan, baik kemiskinan maupun persoalan yang berhubungan dengan kondisi politik dan sosial budaya. Secara khusus, kami perempuan Nias menghadapi persoalan yang berbeda dengan laki-laki Nias, karena posisi kami dalam struktur sosial politik di Nias. Hal ini dari tingginya masalah Kekerasan Terhadap Perempuan/KTP, baik didalam rumah tangga (KDRT) maupun diluar rumah tangga. Demikian juga minimnya keterwakilan perempuan dibadan-badan perwakilan dan pengambilan keputusan, dari tingkat desa sampai ke Kabupaten; serta di intitusi kemasyarakatan (lembaga adat) dan agama.

Oleh karena itu, kami bersatu dengan 4.100 perempuan anggota CU Pesada Faolala Perempuan Nias, untuk bernaung dibawah SPUK Sanaya Pulau Nias, dan bertujuan untuk “ menghimpun dan menguatkan perempuan dewasa yang berumur 21 tahun keatas, guna mewujudkan hak-hak sipil politik dan sosial ekonomi perempuan di Pulau Nias”. Cita-cita ini kami laksanakan melalui 4 (empat) missi kami, yakni :

  1. Menjaring dukungan untuk representasi atau perwakilan perempuan dibidang politik.

  2. Melaksanakan pendidikan dan komunikasi antar anggota melalui rapat (semester, tahunan dan dua tahunan).

  3. Advokasi Perempuan Korban KTP.

  4. Melakukan upaya-upaya pengawasan dan advokasi terhadap Pemerintah khususnya DPRD untuk isu-isu perempuan.

Dengan penuh semangat persaudarian, kami tutup Deklarasi ini dengan salam perempuan Nias: Ya’ahowu, Ndraalawe Ono Niha.

Gunungsitoli, 10 Desember 2013

A.n. SPUK Sanaya Pulau Nias,

Nurmina Harefa                                                 Niarwati Bazikho, S.Pd                          Rismayanti Zebua

    Ketua                                                                    Sekretaris                                              Anggota

Explore posts in the same categories: Info Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: