“Kehamilan Tidak Diinginkan” Fokus Penelitian 8 LSM Perempuan anggota PERMAMPU

PERMAMPU yang terdiri dari 8 LSM Perempuan di pulau Sumatra telah melaksanakan 3 Lokakarya dalam bulan November dan Desember 2013. Lokakarya pertama mengenai keorganisasian, sementara lokakarya kedua dan ketiga adalah mengenai penelitian yang akan dilaksanakan oleh PERMAMPU.

Lokakarya Kedua

Lokakarya kedua dari PERMAMPU dilaksanakan di Palembang, tanggal 2-4 Desember 2013. Lokakarya tiga hari ini dihadiri oleh 8 direktur anggota PERMAMPU, Koordinator Tim Kerja PERMAMPU sekaligus Team Leader Penelitian (Dina Lumbantobing); serta Adviser PERMAMPU untuk penelitian, Ibu Sita Van Bemmelen. Lokakarya ini diorganisir oleh WCC Palembang.

Dalam Lokakarya yang diberi judul “Desain dan Instrumen Penelitian” ini, peserta dan Adviser serta Team Leader Penelitian melaksanakan diskusi berkelanjutan untuk mendesain instrumen untuk penelitian. Setelah melalui rangkaian diskusi yang cukup kritis, peserta sepakat memutuskan bahwa tema penelitian adalah Kehamilan yang Tidak Diinginkan, yang diringkas dengan: KTD. Tema ini berhubungan erat dengan tema keempat dari program MAMPU AusAID “Strengthening women’s leadership for better Sexual and Reproductive Health Rights (SRHR)”.

Tema ini mencakup enam batasan awal yang ditentukan peserta, yaitu:

  1. Kehamilan tidak direncanakan.

  2. Kehamilan di bawah umur 20 tahun.

  3. Kehamilan di luar perkawinan (mengacu pada hukum atau aturan yang dianut)

  4. Kehamilan dalam perkawinan dengan masalah ekonomi

  5. Kehamilan di atas usia 40/menjelang menopause.

  6. Kehamilan tidak diinginkan perempuan sendiri & hak memutuskan (tidak ingin punya anak, resiko sakit turunan atau sakit pribadi, darurat medis, suami kawin lagi, diperkosa, kegagalan KB, incest, dll.-)

Peserta juga telah memahami rencana alur penelitian ini, demikian pula metoda yang perlu digunakan di setiap tahapan, serta menyusun daftar pertanyaan. Selain itu, peserta telah mulai menentukan wilayah yang akan diteliti di setiap propinsi, personil yang akan menjadi tim inti peneliti, serta draft budget. Pemahaman mengenai beberapa metode dalam penelitian, seperti penulisan studi kasus, metoda survey dan gambaran perekaman serta penyajian hasil penelitian; juga diperoleh dalam lokakarya ini.

Sebagai kelanjutan dari lokakarya ini, tim inti peneliti di tingkat lembaga yang terdiri dari Direktur dan satu personil yang telah dipilih oleh Direktur ybs. akan dididik untuk pelaksanaan penelitian secara tehnis.

Lokakarya Ketiga.

Lokakarya ini merupakan langkah menuju pelaksanaan penelitian KTD melalui Pelatihan Tim Peneliti. Lokakarya dilaksanakan tanggal 11-14 Desember 2013 yang lalu di Padang, yang dihadiri 16 orang yang merupakan perwakilan Tim Peneliti dari 8 lembaga anggota. Pelaksana lokakarya ini adalah LP2M Padang.

Pelatihan ini bertujuan agar seluruh Tim Inti Peneliti dari delapan lembaga anggota PERMAMPU memahami tehnis pelaksanaan penelitian dan siap untuk melaksanakan penelitian di lembaga masing-masing. Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah:

  1. Finalisasi dan pengesahan TOR dan Daftar Pertanyaan Penelitian

  2. Pemahaman awal metoda survey

  3. Peserta paham ‘merekam’ dan ‘merekapitulasi’ hasil-hasil secara sistematis

Yang sangat penting dari pertemuan ini adalah TOR Penelitian dan budget dari setiap lembaga anggota sudah disetujui. Akhirnya hanya akan ada 3 point dari KTD yang akan diteliti. Masalah penyajian penelitian masih akan terus disempurnakan sambil melaksanakan penelitian, sementara metoda survey kemungkinan besar belum akan dilakukan dalam penelitian ini.

Diharapkan, paling lambat tengah Januari 2014, lembaga anggota sudah bisa mulai melakukan penelitian awal di wilayah masing-masing dan direncanakan selesai di minggu ke II Maret 2014. Semoga penelitian yang telah dirancang dengan baik, dapat menemukan masalah-masalah yang dihadapi perempuan dengan kehamilan yang tidak diinginkan, serta mulai muncul ide-ide atau gagasan-gagasan inovatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Harapannya, design program PERMAMPU akanuncul dari penelitian ini, sehingga akan semakin banyak perempuan yang tertolong dalam masalah kehamilan tidak diinginkan. (RKS)

Explore posts in the same categories: Seputar Perempuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: