Syukuran Awal Tahun Program dan Evaperca PESADA Pusdipra-SIDIKALANG, 15-17 Januari 2013

Pada tanggal 15 sampai 17 Oleh karena itu, kembali PESADA melaksanakan Evaluasi dan Perencanaan Tahunan. Lokakarya 3 hari ini bertujuan untuk  menilai sejauh mana  pencapaian rencana kerja PESADA sepanjang tahun 2013. Peserta   menganalisis hambatan – hambatan  yang dihadapi dalam  pelaksanaan  rencana kerja tahun 2013  serta merencanakan  dengan baik hal – hal yang  harus dilakukan oleh PESADA sebagai masukan  untuk  rencana kerja Pesada  tahun2014.  Untuk ini  PESADA mengundang perwakilan personil dan perwakilan kelompok dampingan untuk menghadiri Evaluasi dan Perencanaan Tahunan PESADA. Evaperca ini juga mengevaluasi kinerja personil dan melakukan perbaikandan menjadi  ruang untuk menjelaskan seluruh rencana kerja PESADA 2014.

Syukuran Awal Tahun.

Syukuran awal tahun program PESADA, diawali dengan doa dan pujian syukur atas dilaluinya tahun 2014 dengan baik. Acara ibadah dilanjutkan dengan merefleksikan apa yang telah dilalui di 2013, baik yang menggembirakan maupun yang membuat sedih. Berbagai cerita pribadi dibagi kepada teman sekelompok dan bersama saling menguatkan.

Satu catatan umum dari 2013 adalah begitu cepatnya waktu berjalan. Kesulitan dilalui oleh PESADA maupun para personil dengan keteguhan dan rasa bersatu, serta kegembiraan karena memperluas jangkauan pekerjaan.

Sebagian besar personil dan perwakilan dampingan membawa oleh-oleh berupa kue-kue dan minuman, sehingga kesempatan ramah tamah dilakukan dengan suasana Tahun Baru yang sudah menjadi tradisi di rumah masing-masing. Acara ini ditutup dengan makan siang bersama,

Evaluasi RK 2013

Penilaian terhadap capaian setiap wilayah dan divisi dilaksanakan secara bergantian, dengan cara presentasi sekitar 30 menit, dilanjutkan dengan diskusi meja; dan pembahasan.

Capaian tahun 2013 cukup baik, di sekitar 70%. K yang tidak tercapai sebagian disebabkan oleh fakta kurangnya sumberdaya untuk pelaksanaan, baik personil maupun anggaran yang menyusut. Seluruh peserta  kemudian menganalisis apakah  rencana kerja  2013 yang belum terlaksana, memutuskan apakah masih akan dilaksanakan atau dimasukkan  untuk perencanaan 2014.

Beberapa point diskusi penting dalam Evaluasi ini adalah penjelasan mengenai pelaksanaan kebun keluarga, penanganan sampah dalam rangka ramah lingkungan, pemahaman mengenai indikator keberhasilan penanganan kasus di WCC Sinceritas, penanganan TBAA yang tidak memperoleh dana dari Pemerintah maupun tanah yang sedang dipinjamkan, kredit macet di CU serta pentingnya data mengenai anggota CU yang meninggal.

Perencanaan 2014

Untuk Rencana Kerja/RK 2014, terdapat 3 sumber; yaitu kegiatan rutin, kegiatan yang dirasa perlu berdasarkan prediksi 2014; maupun RK yang belum dilaksanakan 2014, serta Rencana Kerja yang berasal dari Hasil  Strategic Planning 2012 maupun kegiatan proyek yang sedang dilaksanakan atau baru didesain.

Peserta.

Peserta  Evaperca berjumlah 25 orang  yang diwakili oleh semua level yang ada dalam struktur PESADA, dan perwakilan dampingan dari semua wilayah.

Evaperca PESADA

Evaperca PESADA

Explore posts in the same categories: Tema Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: