AIR “HAK DASAR” MANUSIA

Dalam Amanah Konstitusi UUD 1945 Pasal 33 ayat 3 menyebutkan: “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk Kemakmuran Rakyat”.

Pada hakikatnya air adalah kebutuhan primer manusia demi keberlangsungan hidupnya yang mana juga sudah menjadi bagian dari hak azasi manusia. Namun pada kenyataannya dengan sekumpulan peraturan atau UU yang ada mengenai air, juga tidak dapat meminimalisir permasalahan-permasalahan yang terjadi di beberapa wilayah terkait dengan air termasuk Kabupaten Dairi sendiri. Misalnya ketersediaan/pasokan air (terputus), sampai kepada mahalnya harga air (kenaikan 300 %) yang tidak dibarengi dengan kualitas/tidak layak minum bahkan terkesan “berlumpur”.

Jika ditinjau dari segi georafis kabupaten Dairi terletak pada ketinggian 700 s/d 1250 mdpl, artinya dairi merupakan daerah pegunungan dan memiliki banyak sumber-sumber air yang tersedia secara alami seperti sungai dan danau. Ironisnya, hal ini tidak mampu dikelola oleh pemerintah dengan baik demi kepentingan rakyat. Dengan dalih hutang pelanggan PDAM Dairi mencapai 6 milliar, Pemerintah Dairi menaikkan tarif pembayaran air sebesar 300%. Tentu kita patut mempertanyakan data dan fakta yang mereka umbar di media terkait hutang pelanggan air, atau hanya ingin mengakumulasi keuntungan yang berlimpah. Hal ini terbukti dengan terkuaknya kasus korupsi pimpinan PDAM Tirta Nciho.

Lebih naasnya lagi, perwakilan rakyat dalam hal ini DPRD ketika dipertanyakan terkait kenaikan pembayaran ini, mereka dengan enteng mengatakan tidak tahu menahu soal ini. Inikah yang dinamakan pemimpin?, inikah yang dinamakan Dewan Perwakilan Rakyat?.
Sudah saatnya masyarakat Dairi Menolak Untuk Diam. Sebagai masyarakat yang kehidupannya tidak bisa lepas dari air, untuk itu alangkah baiknya jika kita memberikan sedikit perhatian mengenai permasalahan air ini. (Reni Andriani)

Explore posts in the same categories: Seputar Perempuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: