Hari perempuan sedunia dan Agenda Politik perempuan

“CERDAS MEMILIH, PILIH PEREMPUAN
untuk Kepentingan Perempuan & Rakyat”

1

Pada tanggal 8 Maret yang lalu, sebanyak 102 peserta yang terdiri dari 99 perempuan dan 3 laki-laki berkumpul di lapangan Merdeka Medan untuk merayakan hari Perempuan Internasional Sedunia. Mereka datang dari berbagai kabupaten di Sumut, a.l. dari Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, bahkan dari Kabupaten Karo; yang didominasi para pengungsi Gunung Sinabung.
Acara dimulai dengan makan siang bersama, di mana seluruh peserta membawa lauk dan sayur masing-masing; sementara panitia menyediakan nasi putih dan air mineral. Semua makan dan berbagi dengan gembira.
Acara makan siang dilanjutkan dengan pendidikan politik, dan diskusi mengenai 10 Agenda Politik Perempuan yang akan menjadi agenda perempuan dalam advokasi kebijakan dengan para CALEG maupun para wakil rakyat terpilih.

Sebagai puncak dari perayaan tersebut, peserta mengadakan aksi damai dengan berjalan membawa poster dan spanduk berisi seruan perempuan SUMUT, dan perwakilan peserta membacakan pernyataan / statement yang berbunyi sbb.:

Statement Kelompok Aktivis Perempuan SUMUT
Perayaan Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2014

Hari ini kami merayakan Hari Perempuan Internasional dan bersatu menyatakan keprihatinan kami terhadap kondisi dan posisi perempuan dalam penanganan bencana dan keterlibatan perempuan dan Pemilu Legislatif.
Bencana Sinabung yang terjadi di Kabupaten Karo sudah berlangsung lama dan sudah diramalkan, tetapi tindakan mitigasi dan penanganan paska bencana; bahkan untuk rehabilitasi kurang peka terhadap kebutuhan dan kepentingan perempuan; sebagaimana yang telah kami sampaikan dalam statement kami 3 Maret 2014. Sementara itu, 9 April akan menjadi moment penting untuk penentuan para calon rakyat di DPR RI, DPRD PROV & DPD. Tidak dapat dipungkiri apatisme perempuan dan rakyat terhadap moment tersebut, melihat buruknya kondisi sosial politik, yang tidak menunjukkan adanya perubahan dalam 5 tahun terakhir. Bahkan perempuan menyaksikan memburuknya kemiskinan, pelanggaran hak-hak azasi perempuan & minoritas serta korupsi yang merajalela. Pada pihak lain, informasi yang diperoleh mengenai proses PEMILU dan para CALEG sangat tidak memadai. Perempuan tidak terlalu mengenal calon-calon legislatif, dan minimnya sosialiasasi dari KPU mengenai cara penjoblosan, parpol dll.

Maka hari ini kami menyerukan agar perempuan dan rakyat
MENJADI PEMILIH YANG CERDAS,
tidak memilih berdasarkan money-politics,
atau karena kepopuleran figur di media
tanpa rekam jejak yang nyata untuk rakyat
(terutama rakyat miskin) dan perempuan.

PILIH PEREMPUAN,
kenali latar belakangnya secara individu
dan partai yang mengusungnya;
untuk DPRD Kabupaten/Kota, Propinsi, RI dan di DPD.

Bersama seluruh perempuan di Indonesia, kami juga menyampaikan 10 Agenda Politik yang menjadi mandat perempuan Indonesia untuk menjadi bagian penting dari Agenda Politik para CALEG yang akan maju dan akan kami pilih untuk di 9 April 2014.

Medan, 8 Maret 2014
a.n, Kelompok Aktivis Perempuan SUMUT

2

Sementara itu di tanggal 12-13 Maret 2014 bertempat di Hotel Charlita Gunungsitoli Selatan, dilaksanakan RAT CU PFPN. RAT kali ini adalah Laporan pertanggung jawaban Dewan Pimpinan dan Dewan Pengawas mengenai Ini merupakan RAT ke-4 setelah berbadan Hukum. Pada hari pertama, peserta memperoleh pendidikan politik, yang dilanjutkan dengan dikeluarkannya Pernyataan di hari kedua, sebagai berikut:

Statement PESADA Nias & CU Pesada Faolala Perempuan Nias
“Dukung dan Menangkan Perempuan
untuk Memperjuangkan Agenda Politik Perempuan”
Gunungsitoli, 12 Maret 2014

Hari ini dalam rangka Rapat Anggota Tahunan CU Pesada Faolala Perempuan Nias dan Pendidikan Politik Perempuan Jelang PEMILU 2014, menyatakan dukungan dan komitmen kami terhadap sembilan (9) CALEG Perempuan yang merupakan anggota kami. Kami menyadari besarnya tantangan perempuan CALEG untuk dapat terpilih, dan lebih besar lagi tantangan perempuan Nias untuk mengatasi berbagai masalah yang behubungan dengan pendidikan, kesehatan dan kemiskinan.

Kami juga menyaksikan betapa korupsi semakin memburuk dan membuat perempuan sebagai korban politik, baik di lembaga perwakilan rakyat, maupun perempuan secara umum.
Sementara itu, 9 April akan menjadi moment penting untuk penentuan para calon rakyat di DPR RI, DPRD PROV, KABUPATEN & DPD. Kami merasakan minimnya sosialisasi yang kami terima, di mana informasi yang kami peroleh mengenai proses PEMILU dan para CALEG sangat tidak memadai. Perempuan tidak terlalu mengenal calon-calon legislatif, khususnya calon-calon perempuan untuk tingkat propinsi dan Nasional. Kami juga mengkhawatirkan kemungkinan adanya penyelewengan dalam PEMILU Legislatif yang akan datang.

Maka hari ini kami menyerukan agar perempuan dan rakyat

Nias

MENJADI PEMILIH YANG CERDAS,

tidak memilih berdasarkan uang, kepopuleran di spanduk dan

baliho,

atau pidato yang menyebut diri sebagai orang yang

membangun

dan memajukan Nias tanpa data yang bisa dipercaya.

Juga jangan memilih karena hal-hal lain, kecuali rekam jejak

yang bersih dari korupsi,

telah berbuat nyata untuk masyarakat dan perempuan Nias

serta

tidak mementingkan kepentingan pribadi atau kelompoknya.

MAKA: DUKUNG & PILIH PEREMPUAN,

untuk DPRD Kabupaten/Kota, Propinsi, RI dan di DPD.

Dan bersama seluruh perempuan di Indonesia, kami juga menyampaikan 10 Agenda Politik yang menjadi mandat perempuan Indonesia untuk menjadi bagian penting dari Agenda Politik para CALEG yang akan maju dan akan kami pilih untuk di 9 April 2014.

Gunung Sitoli, 12 Maret 2014
a.n, PESADA Nias dan CU Pesada Faolala Perempuan Nias
(Kontak: Berliana Purba/Venueli Hia & Julikaryani Gea)

Explore posts in the same categories: Tema Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: