Konsultasi

Tanya:

Masalah ini berawal dari perkenalan saya, D (25 thn) dengan seorang laki-laki melalui telepon yang salah sambung. Hal ini berlanjut menjadi pacaran. Saat berkenalan dia mengaku bekerja sebagai karyawan toko, namun lama kelamaan saya mengetahui kalau dia adalah anggota TNI. Setiap bertemu, dia selalu mengajak saya untuk melakukan hubungan seksual namun saya menolaknya; hingga akhirnya dengan alasan akan ke rumah keluarganya, akupun dibawa ke hotel dan kamipun melakukan hubungan badan. Setelah beberapa kali melakukan hubungan tersebut, tiba-tiba saya ditelepon oleh seorang perempuan yang mengaku tunangannya; dan sejak saat itu dia tidak lagi bisa dihubungi korban.
Saya lalu menceritakan keadaan ini kepada orang tuaku, dan pihak keluarga lalu mencari tahu di mana keberadaan laki-laki itu, hingga akhirnya melalui sepupu jauh korban kami mengetahui kalau dia adalah memang TNI dan berdinas di kota S. Ketika keluarga saya menceritakan masalah ini kepada atasan laki-laki itu, saya tidak mendapatkan tanggapan yang baik. Saya juga pernah melapor ke Polisi Militer, namun petugas meminta agar saya melakukan visum. Tetapi ketika saya ke rumah sakit petugas rumah sakit tidak bersedia memeriksa kalau tidak ada surat pengantar dari kepolisian.

Yang ingin saya tanyakan, apa yang bisa saya lakukan agar pelaku mempertanggung jawabkan perbuatannya? Bisakah saya melapor, padahal usia saya sudah 25 thn? Apa yang perlu saya siapkan?

Jawab :

Sebenarnya secara hukum formal, masalah ini tidak bisa dilaporkan, karena perbuatan tersebut dilakukan berdasarkan suka sama suka dan usia sudah dewasa. Namun dikarenakan seorang pelaku adalah aparat (TNI), pelaporan masih bisa diproses di instansi pelaku tentang perbuatan asusila (pasal 281 – perbuatan seksual). Tetapi pembuktiannya melalui, misalnya ada yang melihat kalian masuk ke dalam hotel ataupun berpelukan, dll.
Sanksi yang diterima pelaku jika terbukti, biasanya penundaan gaji berkala, kenaikan pangkat, ataupun dipenjara selama 10 hari.
Untuk ke depan, kami harap anda menjadikan hal ini sebagai pembelajaran & pengalaman berharga, sehingga tidak terulang kembali. Jangan pernah melayani orang yang tidak dikenal. Banyak modus di mana seseorang berpura-pura salah nomor dan mengajak berkenalan, kencan, hingga akhirnya terjadi hal yang sejenis kasus anda.
Kami berharap kasus ini bisa diproses, dan anda bisa cepat pulih dari segala rasa negatif karena kasus ini. Bila ada membutuhkan bantuan untuk memonitor kasus ini, anda bisa menghubungi kami. (KL)

Foto Februari..14

Explore posts in the same categories: Konsultasi

Tinggalkan Balasan

