Surat Himbauan PESADA untuk PILPRES 9 Juli 2014

KITA BUKAN PENDUKUNG, TETAPI PEMILIH CERDAS YANG SADAR POLITIK
No. : 98/C/DE/PESADA-Sdk/VI/2014

Kepada Yth.:

1. Pengurus dan Anggota SPUK.
2. Dewan Pimpinan dan Dewan Pengawas CU, Pengurus CU Besar, Pengurus Unit CU dan anggota.
3. Seluruh dampingan PESADA & WCC Sinceritas
4. Seluruh Personil CU Besar.
5. Seluruh Anggota CU Famiglya
6. Seluruh Personil PESADA.

Dengan hormat,

Sebagaimana himbauan kami pada saat PILEG 9 April 2014, maka bersama ini PESADA mengeluarkan himbauan agar seluruh Anggota PESADA, Pengurus dan Pengawas, eksekutif dan dampingan PESADA TIDAK MENJADI GOLPUT dalam PILPRES 9 Juli 2014.
Kami telah mencermati situasi politik Indonesia akhir-akhir ini, khususnya berbagai hal yang dapat membuat rakyat Indonesia terpecah karena pro dan kontra terhadap CAPRES pilihan masing-masing.
Kami juga menyadari bahwa dalam kondisi politik seperti ini, kita dihadapkan kepada dua pilihan yang sangat berbeda, yang membuat kita terkadang terseret arus menjadi sekedar pendukung calon daripada menjadi rakyat yang kritis kepada calon pemimpinnya.
Bahwa meski di dalam Pedoman Perilaku PESADA disebut sebagai lembaga non-partisan, tetapi berdasarkan interpretasi PESADA terhadap kondisi politik dan fakta bahwa pilihan terhadap Presiden saat ini lebih ditentukan oleh individu yang diusung sebagai calon Presiden daripada partai pendukungnya, serta aspirasi seluruh dampingan dan personil PESADA yang tidak ingin netral dan secara eksplisit siap memilih CAPRES yang diharapkan; maka kami menghimbau agar para mitra PESADA “TIDAK MENJADI GOLPUT’, serta melaksanakan tiga catatan penting, yaitu:

1. TOLAK POLITIK UANG dan segala bentuk sogokan maupun bujukan SERTA BERBAGAI BENTUK KEKERASAN yang mengarah kepada bujukan untuk memilih salah satu calon, siapapun dia.

2. PILIH CALON PRESIDEN No. 2 (Ir. Joko Widodo). Sesuai point 2 himbauan PESADA dalam Pemilu Legislatif yang lalu tentang CAPRES HARAPAN. Berbagai alasan untuk memlilih Capres No.2, antara lain; pendekatannya yang merakyat, sederhana, bersih, menghormati semua kelompok yang ada di Indonesia apapun agama dan sukunya, dan tidak pernah melakukan kekerasan. Dia secara konsisten berada di dalam partainya, patuh dan disiplin. Tidak mempunyai rekam jejak pelanggaran HAM, tidak militeristik, tidak korupsi, tidak poligami, tidak fundamentalistik, atau merasa hanya agama dan ideologi partainya yang benar, yang berkomitmen untuk tidak mendiskriminasi dan melakukan kekerasan kepada kelompok lain yang minoritas atau berbeda keyakinan dan ideologi. Memilih No. 2 berarti juga ikut menegakkan moral dan etika perpolitikan di Indonesia. Dia juga mempunyai Visi, Missi dan Program Aksi untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian; yang di dalamnya melihat dan mengakui perempuan sebagai mahluk politik dan pelaku pembangunan.

3. Pantau proses dan hasil PILPRES, catat dan laporkan semua bentuk pelanggaran, langsung kepada PANWAS atau melalui PESADA.
Demikian himbauan ini kami sampaikan demi kepentingan kita bersama, khususnya perempuan dan kalangan minoritas. Tetaplah setia kepada perjuangan kepentingan perempuan dan minoritas, dan tetap mendidik keluarga dan perempuan serta masyarakat di sekitarmu mengenai ketiga hal tersebut di atas.
Sekali lagi, JANGAN GOLPUT, TOLAK POLITIK UANG, PILIH CAPRES Nomor 2, dan jadilah pemantau di seluruh proses PILPRES mulai 9 Juli 2014. MARI KITA BANGUN INDONESIA BARU!!!!

Sidikalang, 30 Juni 2014
Ramida Sinaga
Direktur Eksekutif

Explore posts in the same categories: Info Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: