Perayaan Hari Anak Nasional “ Menyiapkan Masa Depan Anak Dengan Menanamkan Budaya Menabung Sejak Dini ”

Setiap tahun peringatan Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli, dan seluruh dunia merayakananya dengan berbagai kegiatan untuk mengekspresikan kreatifitas lewat kemampuan anak. Perayaan ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud kepedulian dan penghormatan masyarakat akan hak-hak anak.
Di Indonesia, melalui UU No.23 tahun 1984 tentang Perlindungan Anak, disebut bahwa setiap anak berhak memperoleh hidup, tumbuh dan berkembang. Dan untuk implementasi undang-undang tersebut setiap orang dewasa haruslah bertanggungjawab dalam memperjuangkan hak anak.

Melatih Anak Menabung

Thema kali ini adalah bagaimana membudayakan menabung sejak dini untuk menyiapkan masa depan anak. Tujuannya agar anak dan orang tua semakin menyadari pentingnya masuk menjadi anggota unit untuk memupuk perilaku anak menyisihkan sebagian dari uang jajan untuk ditabung dan belajar berhemat, menghormati hak-hak anak di dampingan kelompok CU Pesada PEREMPUAN, mensosialisasikan dan memperjuangkan hak anak kepada seluruh masyarakat setempat, memupuk jiwa kebersamaan anak dan arti pentingnya masuk menjadi anggota CU, dan melatih bakat dan kemampuan anak melalui berbagai kegiatan perlombaan permainan dengan pertunjukan kreatifitas anak.
Tahun ini CU Pesada PEREMPUAN bersama dengan unit-unit melaksanakan perayaan Hari Anak Nasional. Nah, salah satu bentuk kepedulian dalam implementasi perlindungan anak CU Pesada PEREMPUAN setiap tahun telah mengalokasikan dana untuk advokasi dan kampanye perlindungan anak. Harap dicatat, anak-anak juga adalah anggota istimewa CU, mereka menabung, meski tentu saja tidak boleh meminjam.
Kegiatan dilaksanakan berupa perlombaan-perlombaan menumbuhkan semangat, kreatifitas anak dan kecerdasan anak. Adapun peserta perlombaan dalam perayaan tersebut adalah anak yang telah terdaftar sebagai anggota istimewa di setiap unit.

Perayaan Hari Anak Nasional ini dilakukan secara serentak di 8 wilayah CU Pesada PEREMPUAN di kabupaten Pakpak Bharat, Dairi dan Humbang Hasundutan, dengan sebaran Wilayah:
• Salak dilaksanakan di kec. Pargeteng – geteng Sengkut dengan peserta 120 orang,
• Wilayah Sidikalang dipusatkan di Sidiangkat dengan jumlah peserta 130 orang,
• Wilayah Sumbul dipusatkan di Tanjung Beringin dengan jumlah peserta 180 orang,
• Wilayah Tigalingga dipusatkan di Gunung Stember dengan jumlah peserta 170 orang,
• Wilayah Kerajaan dipusatkan di Sukarame dengan jumlah peserta 204 orang,
• Wilayah Jambu di pusatkan di Tinada dengan jumlah peserta 206 orang,
• Wilayah Siempat Nempu dipusatkan di Jumateguh dengan jumlah peserta 187 orang dan
• Wilayah Dolok Sanggul di pusatkan di Purba Manalu dengan peserta 125 orang.
Total seluruhnya 1.322 orang yang berbartisipasi dalam memeriahkan perayaan Hari Anak tersebut.

Kegiatan dan perlombaan
Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah sbb :
• Lomba Pidato tentang “Manfaat dan Pentingnya Menabung” kegiatan ini di peruntukkan bagi anak anggota CU usia 15 – 18 tahun.
• Lomba Volley Air, anak usia 13 – 14 tahun ( Kelas 1- 3 SMP).
• Lomba Makan Kerupuk, anak usia 5 – 9 tahun (kelas 1 – 3 )
• Lomba Mewarnai Gambar, anak usia 3 – 5 tahun
• Tarian masal dengan Judul “ Gemu Fa Mire “, tarian sebagai hiburan akhir acara untuk membangun kebersamaan bagi seluruh peserta yang hadir.
Pada umumnya anak – anak sangat senang dan gembira mengikuti setiap perlombaan, mereka saling memberikan dukungan kepada peserta yang ikut dalam perlombaan. Dan para pemenang juga sangat senang memperoleh hadiah – hadiah yang telah di siapkan oleh panitia. Jenis hadiah yang mereka peroleh adalah tas untuk lomba pidato, kamus bahasa Inggris untuk lomba volley air dan tempat bontot untuk lomba makan kerupuk dan mewarnai. Untuk seluruh peserta diberikan bingkisan snack ringan yang membuat anak – anak bertambah semangat. DS/ES

Explore posts in the same categories: Tema Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: