Lokakarya Perencanaan Strategis PERMAMPU Inna Parapat Hotel, Parapat (SUMUT) 11 – 15 Agustus, 2014

 Peserta Lokakarya “Perencanaan Strategis PERMAMPU” di Inna Parapat, 10 – 15 Agustus 2014

Peserta Lokakarya “Perencanaan Strategis PERMAMPU” di Inna Parapat, 10 – 15 Agustus 2014

 

Sejak pertengahan Desember 2013 sampai dengan awal Agustus 2014, Konsorsium PERMAMPU (Perempuan Sumatera Mampu) telah melakukan penelitian mengenai Kehamilan Tidak Diinginkan/KTD di delapan propinsi yang merupakan wilayah kerja anggota PERMAMPU, yaitu di: Aceh, SUMUT, SUMBAR, Riau, Jambi, Bengkulu, SUMSEL dan Lampung.

Penelitian tersebut dimaksudkan untuk memperoleh data dan informasi langsung dari perempuan pedesaan, miskin kota dan perempuan muda mengenai pemenuhan Hak Kesehatan Reproduksi dan Seksual /HKSR Perempuan, khususnya mengenai Kehamilan Tidak Diinginkan/KTD.

Laporan penelitian sudah selesai dan berdasarkan hasil penelitian tersebut, seluruh anggota Konsorsium akan menganalisis kebutuhan dan kepentingan perempuan dalam hal HKSR dengan menyusun Rencana Kerja jangka panjang yang akan menjadi dasar program PERMAMPU untuk jangka waktu enam tahun.

Di samping hasil penelitian, seluruh anggota konsorsium juga berbagi perkembangan pengalaman dan pengetahuan mengenai isu KESPRO di wilayah masing-masing (sebagai update dari hasil 26-27 November 2012); yang akan digunakan sebagai acuan pemetaan persoalan.

Untuk itu, sebuah lokakarya empat hari telah dilaksanakan dan dihadiri oleh seluruh Pimpinan Eksekutif dan Koordinator Program lembaga anggota PERMAMPU.

Tujuan.
Tujuan lokakarya ini adalah menyatukan pandangan seluruh peserta mengenai arah program PERMAMPU dan menyusun Rencana Program PERMAMPU untuk sekitar 6 tahun, serta secara khusus menghasilkan Rencana Kerja PERMAMPU untuk Tahun Pertama . Dengan demikian hasil yang diharapkan adalah:

1. Penguatan perspektif mengenai arah program PERMAMPU jangka panjang.
2. Rencana Kerja PERMAMPU 2015 – 2020
3. Rencana Kerja terperinci 2015 (1 tahun pertama) dan budget

Pelaksanaan.
Bertempat di Inna Parapat Hotel, Parapat; LOkakarya ini dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 15 Agustus 2014. Dihadiri oleh 17 peserta, ditambah 2 orang peninjau, 2 fasilitator dan 3 panitia. Peserta dari lokakarya ini adalah Pimpinan Eksekutif & Koordinator Program dari 8 Anggota Konsorsium PERMAMPU, plus Koordinator Keuangan PESADA sebagai Lembaga Host, dan 1 Koordinator Tim Kerja PERMAMPU
Lokakarya difasilitasi oleh 2 fasilitator eksternal: Lies Markoes (Konsultan Independen) & Nani Zulminarni (Pendiri & Direktur PEKKA), serta dibantu oleh Koordinator Tim Kerja PERMAMPU(Dina Lumbantobing) di dua hari terakhir.

Hasil Lokakarya
Di akhir lokakarya, PERMAMPU berhasil memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi yang perlu diadvokasi, dan hasil-hasil yang diharapkan dalam jangka waktu 5 ½ tahun.
Ringkasan hasil dapat dilihat dalam bagan di bawah ini, yang menjelaskan 7 kegiatan utama yang harus dilaksanakan untuk dapat mencapai tujuan program,
serta 2 strategi utama. Di sepanjang pelaksanaan kegiatan tersebut, monitoring, evaluasi, pembelajaran dan peningkatan kapasitas akan terus dilaksanakan, sbb. :

3

Penutup.
Rencana kerja ini diharapkan dapat dilaksanakan mulai Januari 2015 di kedelapan propinsi. Semoga dengan program ini, PERMAMPU dapat berkontribusi kepada pemenuhan hak-hak perempuan atas kesehatan seksual dan reproduksi. Tubuh perempuan adalah otonomi perempuan… Selamat untuk PERMAMPU. (DL)

Explore posts in the same categories: Info Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: