Konsultasi Managemen Dengan Pengawas PESADA

Dewan Pengawas PESADA merupakan salah satu organ penting dalam organisasi. Posisi Dewan Pengawas adalah memastikan semua organ dalam organisasi bisa bekerjasama dan melaksanakan seluruh kebijakan yang telah diputuskan, khususnya dalam hal manajemen keuangan dan implementasi kode etik/pedoman perilaku. Sama dengan Dewan Pengurus, amanat untuk Dewan Pengawas ini juga dimandatkan dalam Rapat Umum Organisasi tersebut.
Untuk periode 2013-2016, dalam Rapat Umum PESADA tahun 2012, telah dipilih 3 orang sebagai Dewan Pengawas PESADA yaitu: Ketua, Bapak FRANS TUGIMIN, Sekretaris, ibu MARHAENI MUNTE dengan anggota Ibu RUSLI TUMENGGER (Ketua Dewan Pimpinan CU Pesada PEREMPUAN, sebagai perwakilan dampingan dalam struktur PESADA). Sesuai Anggaran Dasar, telah diputuskan, rapat Dewan Pengawas minimal 1 kali dalam 6 bulan.
Berkenaan dengan hal tersebebut di atas, sebagai bagian dari pengawasan, manajemen PESADA melakukan rapat konsultasi untuk membahas dan meminta masukan dalam pembenahan organisasi, yang dilaksanakan pada tanggal 4 September 2014. Dalam rapat konsultasi dihadiri Dewan Pengawas PESADA lengkap.
Manajemen PESADA mengkonsultasikan beberapa poin sebagai agenda dalam rapat konsultasi khususnya gambaran Perayaan Ulang Tahun PESADA ke 24 dan menuju 25 tahun PESADA.

Persiapan ¼ abad PESADA.

Photo Rapat Pengawas dengan Manajemen, tgl 4 September 2014

Photo Rapat Pengawas dengan Manajemen, tgl 4 September 2014

Dalam perayaan Ulang Tahun PESADA ke 24 tahun, akan melaksanakan rangkaian kegiatan berupa Seminar dan Lokakarya tentang Undang-Undang Desa untuk seluruh staf, kelompok perempuan dan kepala desa dari desa tempat CU berada. Hal ini bertujuan untuk mengkritisi dan melihat potensi dan peluang bagi perempuan dalam UU, sebagaimana yang dimandatkan Undang-Undang Desa soal pelayanan dasar, sarana desa, peningkatan ekonomi dan sumber daya manusia.

Di akhir kegiatan dalam perayaan Ulang Tahun ke 24 PESADA bersama-sama dengan Eksekutif, Anggota dan Pengurus serta Pengawas PESADA akan rekreasi bersama sebagai bagian dalam meningkatkan kebersamaan dan menumbuhkan semangat dan komitmen bersama dalam memperjuangan perempuan dan anak.

Sedangkan menuju 25 tahun PESADA, akan melaksanakan kegiatan Lokakarya dengan muatan Thema “Berjuang Mengakhiri Kemiskinan Melalui Kepemimpinan Perempuan Khususnya di Pedesaan dan Masyarakat Adat”. Selain itu, PESADA akan membuat film cuplikan kegiatan PESADA. Sedangkan di internal PESADA sendiri akan mendiskusikan setiap bulan dalam Rapat Bulanan PESADA, setiap bulan 1 nilai, untuk mempertajam pemahaman personil tentang nilai – nilai PESADA dan bagaimana menginternalisasi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pelayanan kepada masyarakat.

Sistem Pengelolaan Aset lembaga
Masukan Dewan Pengawas soal sistem pengelolaan asset PESADA, dasar prinsipnya adalah tidak membebani lembaga, memastikan tidak terjadi penyalahgunaan asset dan tujuan asset adalah pengembangan program termasuk sebagai dana keberlanjutan program lembaga.
Finalisasi Tugas dan Mekanisme Monitoring Dewan Pengurus dan Pengawas PESADA
Dalam memaksimalkan fungsi/tugas pengurus dan pengawas PESADA, pihak managemen bersama Dewan Pengawas menyusun mekanisme monitoring Dewan Pengurus dan Pengawas. Dan pada rapat konsultasi ini dilakukan finalisasi Tugas dan Mekanisme dengan meliputi hak, frekwensi dan pembagian tugas antara ketua, sekretaris dan anggota dalam melakukan pengawasan di organisasi PESADA, penjelasan monitoring, bentuk, teknis.

Draft TOR Pembangunan Kampus Pembelajaran PESADA
Disepakati akan ada Tim yang akan membuat kerangka acuan atas inovasi Pengadaan Kampus Pembelajaran PESADA. PESADA akan memaksimalkan fungsi PUSDIPRA, dengan menyediakan fasilitas berupa ruang tidur untuk level eksklusif, melayani khusus seminar/lokakarta/training dengan model menyediakan paket pelatihan untuk dijual dengan isu penguatan perempuan dalam bidang ekonomi, politik dan kepemimpinan public dan pengorganisasian perempuan, suksesi kepemimpinan perempuan menjadi produk unggulan, dengan konsep PEMBELAJARAN SEUMUR HIDUP.

Sistem honor volunteer PESADA
PESADA akan terbuka untuk personil yang akan bekerja secara volunteer, karena sedang melaksanakan studi. PESADA akan menambahkan hal tersebut dalam system kepersonaliaan PESADA dengan memperhatikan prinsip-prinsip: Jenis relawan, pengaturan batasan jumlah hari kerja di PESADA, hasil kerja, lama pendidikan untuk peningkatan kapasitas akan ditempuh. Pada prinsipnya, PESADA sangat mendukung peningkatan kapasitas yang relevan dengan kebutuhan PESADA. Personil diminta membuat surat pernyataan yang berisi memuat sangsi jika melanggar surat perjanjian, dan bentuk dukungan yang dibutuhkan dari PESADA, tidak hanya dukungan materi tetapi juga dukungan moril.

Demikian hasil rapat konsultasi Managemen PESADA dengan Dewan Pengawas PESADA. Sinceritas et simplicitas… (DS)

Iklan
Explore posts in the same categories: Info Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: