Thema Kita

24 Tahun PESADA
Berjuang Mengakhiri Kemiskinan
Melalui Kepemimpinan Perempuan
Khususnya di Pedesaan dan Masyarakat Adat

PESADA, merupakan bagian dari komunitas NGO di Indonesia yang bekerja lebih untuk penguatan perempuan akar rumput. PESADA bersama perempuan akar rumput menyuarakan kebutuhan dan kepentingan perempuan dan anak perempuan sejak 1990. Dengan demikian di bulan Oktober 2014, PESADA berusia 24 tahun. Usia 24 tahun bisa dilalui, karena PESADA senantiasa terus belajar untuk menjadi lembaga yang transparan dan akuntabel, bekerja dan komit untuk penguatan perempuan dan anak.

Dalam pelayanannya, PESADA banyak mengalami tantangan yang cukup berarti, khususnya di dalam memperjuangkan transparansi dan akuntabilitas sebagai sebuah NGO. Namun dalam perjalanan itu membuat PESADA serta seluruh perempuan dampingannya semakin dewasa dan mandiri. Untuk semakin mendewasakan diri dan memandirikan PESADA tetap berkomitmen melaksanakan pendidikan terus menerus, pendidikan yang berdampak pada munculnya kesadaran kritis dan perubahan perilaku sehingga peran perempuan akan semakin nyata dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam keluarga.
UU Desa, Kesempatan untuk Perempuan Pedesaan

Di tahun ini juga, pemerintah sudah mengesahkan UU no. 6 tahun 2014 tentang Desa. Sebagai organisasi yang bekerja di desa, PESADA merasakan sangat penting agar seluruh kelompok dampingan PESADA memahami Undang-Undang ini, sehingga bisa memaksimalkan peran perempuan dalam pembangunan desa. PESADA bersama kepala desa dari desa wilayah kerja, akan mencoba mengkritisi undang-undang tersebut, melihat sejauh mana peluang bagi kepemimpinan perempuan, baik dalam memenuhi kebutuhan dasar atau kebutuhan khusus perempuan dan anak perempuan, maupun kepentingan perempuan untuk memperoleh posisi yang setara dengan laki-laki. . Bulan Oktober juga merupakan waktu yang tepat untuk issue Kemiskinan dan Perempuan Pedesaan, mengingat tanggal 15 Oktober dan 17 Oktober sebagai Hari Perempuan Pedesaan dan Hari Mengakhiri Kemiskinan. Hal ini sangat berhubungan dengan kondisi dan posisi perempuan pedesaan dan upaya mengakhiri kemiskinan yang mempunyai akibat berbeda bagi perempuan.

Dukungan untuk perjuangan perempuan

Rangkaian kegiatan dalam Perayaan Ultah PESADA difokuskan untuk mendukung kepemimpinan perempuan, yang dimulai dengan peningkatan kapasitas dan pemahaman tentang UU Desa mulai dari personil, kader, dampingan dan juga para perangkat desa. Dilanjutkan dengan perencanaan strategis CU Pesada PEREMPUAN dan peningkatan kapasitas personil tentang bagaimana memanfaatkan informasi dan teknologi untuk mendukung perjuangan atas hak-hak perempuan dan kelompok minoritas dalam pekerjaan sehari-hari serta pengetahuan tentang issue perempuan dalam masyarakat adat.
Di akhir acara, dalam momen HUT ini juga diharapkan seluruh personil PESADA dikuatkan secara spiritual dan komitmen diperteguh agar dapat terus menerus dan konsisten memahami dan menginternalisasi nilai-nilai yang di anut oleh PESADA, dengan pemahaman oqultisme yang di pandu oleh Bapak Pdt. Jhon Rilman Sinaga.
Tutur Sejarah PESADA oleh Personil

Untuk membuka rangkaian kegiatan ULTAH PESADA yang ke 24 ini, adalah dimulai dengan kata sambutan/pembukaan sekaligus ucapan Selamat ULTAH dari yang mewakili Dewan Pengurus PESADA, Dewan Pengawas PESADA, Dewan Pimpinan CU Pesada Perempuan, PMD Kabupaten Dairi, jaringan NGO lokal di Dairi, Kader PESADA, Team Leader PERMAMPU dari Jakarta.
Kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan personil PESADA (sejarah PESADA), dipandu oleh salah satu pendiri yaitu Erlina Pardede, dengan metode para personil per Lustrum/5 tahun, diundang ke depan untuk berbicara mengenai dirinya, apa perannya di PESADA, bagaimana perkenalannya dimulai dengan PESADA, juga apa program PESADA saat itu. Lustrum I mulai tahun 1990 – 1995, Lustrum II 1996 – 2000, demikian seterusnya. Metode ini membuat peserta lebih mudah untuk mengenal PESADA, karena tidak membosankan dan lebih ceria melihat personil menggunakan cerita nya masing – masing.
Setelah selesai, dilanjutkan dengan acara pemotongan Pelleng di ruang makan, di meja sudah dihidangkan Pelleng, kue tart Ulang Tahun, dan juga buah – buahan (jeruk, kuini, jambu, nenas, pisang) yang merupakan oleh – oleh dari ibu – ibu anggota kelompok dampingan. Tidak ketinggalan juga ada petai dan jengkol untuk pelengkap memakan Pelleng, ini bagi yang suka.
Direktur Eksekutif PESADA kemudian memotong Pelleng dan membagikan ke peserta, sambil peserta lain menyanyikan Selamat Ulang Tahun. Kemudian dilanjut dengan makan bersama setelah sebelumnya doa dipimpin oleh Ibu Mamat Munthe.
Lokakarya UU Desa

Selesai perayaan Ultah ke 24 PESADA masih di lanjutkan beberapa rangkaian momen Ultah, yaitu Lokakarya UU Desa No 6 Tahun 2014
Lokakarya dilaksanakan dengan menghadirkan 3 Narasumber yaitu :

  • Pandangan dari Kepala Badan Pemerintahan Desa (PMD) Kab.Dairi. “UU Desa dan Kepemimpinan Perempuan”.
  • Pandangan Tokoh Adat Pakpak: “UU Desa, Peluang Desa Adat & Kepemimpinan Perempuan”.
  • Pandangan PESADA: Dina Lumbantobing.

Peserta yang hadir berjumlah 104 orang terdiri dari perempuan 78 orang dan 26 orang laki – laki.
Lokakarya ini dilanjutkan dengan training untuk pemahaman isi UU, yang diikuti oleh perwakilan CU dampingan PESADA serta seluruh personil PESADA. Berbagai issue didalami, khususnya tehnis pemilihan, persyaratan, sumber dan pelaporan keuangan, perencanaan, sampai ke kemungkinan pencalonan perempuan dalam pemilihan.
Penguatan spiritual penutup penting.
Acara ULTAH diakhiri dengan penguatan spiritual dan rekreasi bersama yang dilakukan di Samosir. Kegiatan tersebut diharapkan menambah semangat dan kebersamaan dalam perjuangan perempuan dan anak diseluruh dampingan wilayah PESADA. Selamat ULTAH PESADA, sinceritas et simplicitas.. (KL & DS)

Explore posts in the same categories: Tema Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: