Mengenal Para Rektor Perempuan di Indonesia

rektor

(ki-ka) Badia Perizade, Tian Belawati, Dwikorita Karnawati, Dwia Aries Tina.

Belum banyak perempuan yang memimpin institusi perguruan tinggi Indonesia. Di lingkup perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia saja, baru empat perempuan yang menjadi rektor.

Berikut profil rektor perempuan di Indonesia :

1. DR. Hj. Badia Perizade MBA, Rektor Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan

Sebelum memimpin Universitas Sriwijaya (Unsri), Badia merupakan perempuan pertama yang menduduki jabatan Dekan Fakultas Ekonomi di kampus tersebut. Tangan dingin Badia membuatnya memimpin Unsri selama dua periode.

Selama masa kepemimpinannya, Badia berhasil membawa Unsri masuk dalam jajaran 50 universitas terbaik nasional versi Ditjen Dikti Kemendikbud serta pemeringkatan webometrics 2009 dan 2010. Unsri juga berhasil meraih peringkat tiga nasional paten Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) antarperguruan tinggi, juara regional OSN 2010, serta peringkat kedua Indonesia Student Mining Competition (ISMC) 2009 dan 2010. Selain itu, UNsri juga menjadi Koordinator Riset Energi Nasional – Rusnas PEBT.

2. Prof. Ir. Tian Belawati. M.Ed., Ph.D., rektor Universitas Terbuka, Jakarta

Wanita kelahiran Sukabumi, 1 April 1962 ini gigih dan ulet dalam memajukan Universitas Terbuka (UT) dan pendidikan jarak jauh. Perjuangan Tian pun diakui dunia internasional melalui penunjukan dirinya sebagai presiden International Council for Open and Disstance Education (ICDE). Tian juga merupakan wanita Asia pertama yang memimpin organisasi bagi para pemerhati dan pelaksana pendidikan jarak jauh internasional.

Alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB) ini merintis karier di UT sejak 1985. Sejak itu pulalah dia mencurahkan semua upayanya untuk menjadikan UT sebagai rujukan pendidikan jarak jauh di Tanah Air maupun dunia.

3. Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., PhD, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Ketika Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., ditunjuk sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) dalam Kabinet Kerja, civitas akademika UGM pun memilih Dwikorita Karnawati sebagai penggantinya.

Rita, demikian dia biasa disapa, menjadi rektor perempuan pertama di UGM dan akan memimpin hingga 2017. Sebelumnya, dia menjabat sebagai wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni.

4. Prof Dr Dwia Aries Tina, MA, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar

Dwia Aries Tina menggantikan rektor Unhas sebelumnya, Idrus Patturusi. Dwia akan memimpin kampus di Bumi Celebes tersebut untuk periode 2014-2018. Guru Besar Sosiologi ini merupakan perempuan pertama yang menduduki tampuk pimpinan tertinggi di Unhas.

Sejak 1988, Dwia sudah mengabdi di Unhas. Dia memegang dua gelar sarjana yaitu S-1 Sosiologi di Universitas Airlangga, Surabaya (1982-1985), dan S-1 Sosiologi di Unhas (1985-1986). Gelar master diraihnya dari Ateneo de Manila University, Filipina dan gelar doktor diraihnya dari Unhas.

Pada 2006, Dwia menduduki jabatan sebagai Wakil Rektor IV. Sebelumnya, dia merupakan Sekretaris Program Studi Sosiologi pada Program Pascasarjana Unhas (2000–2002), dan pada saat bersamaan juga dipercaya sebagai Koordinator Divisi Resolusi Konflik di Pusat Studi HAM Unhas (2001–2002).

Selain keempat sosok tadi, ada juga perempuan yang memimpin berbagai perguruan tinggi swasta (PTS). Di antara mereka adalah Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Prof Dr Masrurah Mokhtar; Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Dr Majdah M Zain; Rektor Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI), Makassar, Dr Niniek F Lantara; Rektor Universitas Pepabri, Makassar, Dr Apiaty Kamaluddin Amin Syam dan Rektor Universitas Sawerigading, Makassar, Prof Dr A Siti Melantik Rompegading.

 (dari news okezone.com dan www.Jurnal perempuan.org)

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: