Thema Kita

Pergerakan Perempuan Lebih Tua dari umur NKRI
Tetapi Kekerasan Terhadap Perempuan tetap Tinggi!
(Catatan Akhir Tahun PESADA 2014)
No. 121/C.9/KKCB/XII/2014

Hari Ibu pada hakekatnya adalah hari pergerakan perempuan Indonesia, yang berjuang untuk kesatuan organisasi perempuan Indonesia di tahun 1928. Pergerakan perempuan telah dimulai, jauh sebelum Indonesia merdeka ; tetapi sejauh mana pergerakan perempuan berimbas ke penurunan Kekerasan Terhadap Perempuan/KTP, kelihatannya masih membutuhkan waktu panjang.

WCC Sinceritas – PESADA mencatat betapa jumlah perempuan yang menjadi korban Kekerasan Terhadap Perempuan semakin meningkat. Dalam 3 tahun terakhir, WCC Siceritas – PESADA memperhatikan angka korban berada di sekitar 100 perempuan yang ditangani langsung per tahun. Tetapi di akhir tahun 2014, jumlah korban yang ditangani melonjak ke angka 168. Angka tertinggi adalah 84 korban KDRT (50%), disusul dengan 43 kasus kekerasan seksual (26%). Korban yang ditangani sebagian besar berasal dari wilayah Dairi & Pakpak Bharat yaitu 70 kasus (42%), dan wilayah Medan sekitarnya 45 kasus (27%). Selebihnya adalah dari Nias, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Tengah.

 WCC Sinceritas-PESADA juga mengamati bahwa target kekerasan seksua di 2014 adalah anak-anak perempuan dan anak perempuan berkebutuhan khusus. Kesulitan mendapat keadilan bagi korban adalah kurangnya saksi, dan untuk anak berkebutuhan khusus, masalah saksi ahli. Selain itu, masalah trafficking menjadi kasus yang paling sulit untuk ditangani. Dalam dua tahun terakhir, korban yang ditangani berasal dari NTT; dan kesulitan berada pada mata rantai pihak yang memperdagangkan serta kecenderungan korban untuk tidak ingin kembali ke tempat asal (rumah). Kemiskinan dan berbagai masalah khas berbasis gender merupakan alasan yang membuat korban pulang dengan enggan, atau melarikan diri ketika kasus masih ditangani.

 Untuk itu, menutup tahun 2014, WCC Sinceritas – PESADA menyerukan kepada semua pihak, terutama kepada perempuan untuk menggunakan semangat persatuan dan kesatuan perempuan yang telah diawali sejak 1928. Kekuatan yang dibangun untuk bersama memerangi segala bentuk Kekerasan Terhadap Perempuan, khususnya KDRT, Kekerasan Seksual (terhadap Anak Perempuan dan yang berkebutuhan khusus) serta Traficking.

Perempuan adalah Ibu yang harus dihormati, yang kita rayakan di setiap tanggal 22 Desember. Selamat menghitung mundur hari-hari di 2014, menuju perbaikan di tahun 2015….

Medan, 22 Desember 2014.

WCC Sinceritas – PESADA

Kontak: 061 – 8361102/ 081370133528

Explore posts in the same categories: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: